Antisipasi Penyebaran Virus AI, Distan Denpasar Cek Unggas di Pasar Kumbasari  

Avatar
Pelaksanaan pengecekan, monitoring serta surveilen unggas di Pasar Kumbasari, Denpasar, Selasa (27/4).

 

Balinetizen.com, Denpasar-

Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar pengecekan, monitoring serta surveilen unggas di Pasar Kumbasari, Denpasar, Selasa (27/4). Pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya untuk memastikan kesehatan unggas  agar tidak tertular Virus Avian Influenza (AI).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri saat dikonfirmasi menjelaskan, Dinas Pertanian Kota Denpasar berkomitmen untuk memastikan kesehatan unggas yang diperjual belikan di Kota Denpasar sehat dan layak konsumsi. Karenanya, monitoring dan surveilen unggas dilaksanakan secara rutin.

“Jadi kegiatan kali ini dilaksanakan untuk memastikan kesehatan unggas, utamanya agar  terhindar dari Virus Avian Influenza (AI),” ujarnya ‘

Lebih lanjut dijelaskan, pengecekan dengan mengambil swab anus dan tenggorokan unggas ini merupakan kerjasama Distan Kota Denpasar dengan Balai Besar Veteriner Bali. Sehingga diharapkan pengecekan rutin dilaksanakan secara berkelanjutan untuk memastikan kesehatan hewan di pasar rakyat.

Sugiri juga mengimbau kepada masyarakat untuk selektif serta senantiasa memperhatikan kesehatan hewan. Hal ini juga berlaku bagi pedagang unggas yang meliputi ayam, bebek dan burung.

“Pelakanaan kegiatan ini selain untuk mendeteksi keberadaan virus AI juga mengedukasi pedagang untuk selalu menerapkan biosecurity yang ketat terhadap kandang dan tempat pengangkut ayam, sehingga seluruh unggas yang diperjuaol belikan terjamin kesehatanya,” kata Sugiri.

 

Editor : Hana Sutiawati

Baca Juga :
Round up - Nuansa Religi dalam Kampanye Akbar Prabowo-Sandi

Leave a Comment

Your email address will not be published.