Badung Akan Berupaya Wujudkan Pengairan di Subak Balangan

Avatar

Wabup Suiasa didampingi Kadis PUPR IB Surya Suamba bersama Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana saat meninjau Saluran Irigasi Subak Balangan, Jumat (7/5).

Balinetizen.com, Mangupura

Untuk melihat secara langsung kondisi Subak Balangan di Desa Kuwum Mengwi, Wakil Bupati I Ketut Suiasa didampingi Kadis PUPR IB Surya Suamba bersama Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana turun langsung meninjau Saluran Irigasi Subak Balangan, Jumat (7/5). Dalam peninjauan tersebut Wabup Suiasa juga mendengar apa yang menjadi aspirasi dan harapan para petani agar Subak Balangan ini bisa mendapatkan air. Untuk itu pihaknya akan berupaya mewujudkan apa yang menjadi harapan para petani.

“Untuk sumber air nantinya Dinas PUPR yang akan membuat kajian tentang itu, sehingga demikian Subak Balangan yang sudah hampir dua puluh tahun tidak mendapatkan air bisa kembali kebagian air dan bisa mengairi sawahnya. Masyarakat petani sangat berharap serta akan berupaya mewujudkan itu,” kata Suiasa seraya berharap nantinya masyarakat petani di Subak Balangan bisa bercocok tanam dan produktivitasnya berjalan dengan baik.

Wakil Bupati juga mengatakan peninjauan ini selain berkaitan dengan pengairan juga dalam rangka untuk mendengar aspirasi para petani dan melihat potensi-potensi yang ada di Subak Balangan yang siap untuk dikembangkan. Sehingga dengan demikian kedepan di kawasan ini akan dibuatkan kajian bukan hanya memikirkan zona air dari hulu ke hilir tapi juga kajian dari sisi pangan yang layak ditanam di kawasan ini. “Kita buat konsep pola tanamnya, setelah itu dibuatkan konsep bisnisnya kedepan,” jelasnya.

Sementara itu Pekaseh Subak Balangan I Ketut Matrayasa menyampaikan terima kasih atas kedatangan Wakil Bupati Badung beserta jajaran dalam rangka meninjau saluran irigasi di Subak Balangan ini. Dikatakan juga saluran irigasi di Subak Balangan ini sudah dua puluh tahun tidak kebagian air, akibatnya para petani tidak bisa bercocok tanam terutama menanam padi, sehingga para petani kehilangan mata pencaharian. “Oleh karena itu kami berharap kepada Pemerintah agar dapat membantu dan memberikan solusi sehingga saluran irigasi yang ada di subak kami bisa terairi dan kami bisa bercocok tanam,” harapnya.

Baca Juga :
Data Hasil Uji coba Mitsubishi XPANDER AP4 Akan Dianalisis Bersama Team Ralliart Selandia Baru

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Desa Kuwum Ida Bagus Tirta, Pekaseh Subak Balangan I Ketut Matrayasa dan Pekaseh Uma Tegal I Ketut Sedang. (RED-BN)

Leave a Comment

Your email address will not be published.