Ada Yang Khas Dalam Prosesi Pelantikan PAW DKC Jembrana

Avatar

 

Balinetizen.com, Jembrana 

Ketua Kwarcab Jembrana diwakili Wakil Ketua Pembinaan Anggota Muda alias Waka Binamuda, I Nengah Dwi Yadnya melantik Pengurus Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega Cabang (DKC) Jembrana Pengganti Antar Waktu (PAW) Masa Bhakti 2017-2022. Pelantikan dilaksanakan di Wantilan Sanggar Bhakti Pramuka Jembrana, Minggu (9/5)..

Prosesi pelantikan tidak jauh berbeda dengan pelantikan pada umumnya. Namun dalam Gerakan Pramuka ada prosesi yang khas, setelah pembacaan Surat Keputusan oleh Sekretaris Kwarcab Jembrana.

Prosesi diawali pembasuhan dengan air suci kepada setiap pengurus yang akan dilantik. Selain itu juga diisi dengan pengucapan janji Tri Satya sambil menempelkan kacu merah putih di dada jantung oleh pengurus PAW yang dilantik.

Ini memiliki makna bahwa selama jantung berdetak setiap pengurus diwajibkan setia dan aktif di Gerakan Pramuka. Ada 10 Pramuka Penegak yang dilantik yakni 3 Pramuka Penegak Putri dan 7 Pramuka Penegak Putra.

Waka Binamuda Kwarcab Jembrana I Nengah Dwi Yadnya dalam sambutnnya pengurus PAW DKC Jembrana diminta menepati dan mengamalkan apa yang dijanjikan terutama dalam memajukan Kepramukaan khususnya golongan Penegak dan Pandega di Jembrana.

“Tahun ini akan ada kegiatan berskala nasional yaitu Perkemahan Wirakarya, saya minta DKC untuk segera mempersiapkan hal-hal teknis yang diperlukan” kata Dwi Yadnya.

Selain melantik pengurus PAW DKC Jembrana, pada saat yang sama Waka Binamuda juga membuka pelaksanaan Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab) Jembrana.

Menurut Ketua Sangga Kerja alias Ketua Panitia, Ni Putu Rintan Dini, Sidparcab ini sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan Sidparda Bali, yang bertujuan untuk mengevaluasi program kerja 2020 dan menyusun program 2021. (Komang Tole)

Baca Juga :
Pengukuhan Dan Pelantikan Pengurus Saka Adhyasta Buleleng

Leave a Comment

Your email address will not be published.