Jembrana Dapat Tambahan 27.020 Vaksin Biofarma dan AstraZeneca

 

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Mendukung target percepatan vaksinasi kemasyarakat, Kabupaten Jembrana mendapatkan tambahan vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

Ada dua jenis vaksin yang sudah datang, Vaksin Biofarma dan Vaksin AstraZeneca.

Untuk biofarma, Kemenkes menunjuk pihak ketiga untuk mendistribusikan langsung ke masing-masing kabupaten/kota. Sementara AstraZeneca, kemenkes mendistribusikan langsung ke provinsi masing-masing, kemudian diambil oleh kabupaten / kota.

Juru bicara Satgas Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha mengatakan stok vaksin yang baru datang Vaksin Biofarma sebanyak 12.020 dosis. Sementara Vaksin AstraZeneca sebanyak 15.000 dosis tiba , sabtu 29/5/2021. Sehingga total , terkini diterima Satgas Covid-19 Jembrana sebanyak 27.020 dosis.

“Sesuai instruksi bupati Jembrana untuk percepatan vaksinasi kemasyarakat. Untuk
15.000 dosis AstraZeneca target kita habiskan, maksimal dalam 10 hari.Sementara 12.020 dosis Biofarma digunakan untuk dosis 2. Namun bisa juga digunakan untuk dosis 1 jika AstraZeneca sudah habis. Atau atau saat menunggu kedatangan AstraZeneca berikutnya bisa digunakan Biofarma utk dosis 1” terangnya dihubungi Minggu (30/5/2021).

Pihaknya saat ini masih menggenjot percepatan vaksinasi kepada masyarakat. Upaya itu untuk secepatnya mencapai herd immunity minimal 70% dari jumlah penduduk Jembrana.

Strategi dilakukan, baik itu jemput bola memberikan vaksin langsung kesimpul simpul masyarakat, juga dipusatkan dibeberapa fasilitas kesehatan yang sudah ditunjuk.

“Dalam sehari per- faskes minimal ditarget melayani 150 orang. Ada 15 faskes yang sudah ditunjuk sehingga sehari diharapkan bisa melayani 2.250 orang,” rincinya .

Sedangkan upaya jemput bola ditempuh lewat gebyar/vaksin massal di desa/banjar- banjar.
” Itu upaya dari jajaran satgas Jembrana menggerakkan masyarakat untuk vaksin. Hasilnya sangat tergantung dari support maksimal dari lintas OPD, Camat se-Kab Jembrana serta perbekel/lurah/Bendesa/Kelian adat/Kelian Banjar/Kaling se-kab Jembrana. Termasuk support maksimal dari tokoh masyarakat dan tokoh agama juga sangat berperan , agar masyarakat mau datang ke lokasi vaksinasi,” kata Arisantha.

Baca Juga :
Tim DLHK Denpasar Gerak Cepat Tertibkan Usaha Sablon Yang Mencemari Sungai

Hingga sabtu , 29/5/2021, jumlah masyarakat Jembrana yang sudah diberikan vaksinasi sebanyak 67.516 orang untuk dosis I saja. Sementara yang sudah lengkap kedua dosis sebanyak 34.865 orang tervaksin.

 

Editor : Hana Sutiawati

Leave a Comment

Your email address will not be published.