Sekda Adi Arnawa Hadiri Capacity Building Fasilitas PDF di Nusa Dua

Sekda Adi Arnawa saat menghadiri acara Capacity Building terkait proyek KPBU jalan lingkar selatan, Rabu (2/6) di Hotel Conrad Nusa Dua Bali

Komitmen Sukseskan Proyek KPBU Jalan Lingkar Selatan

Balinetizen.com, Mangupura

Saat ini Kabupaten Badung terus berupaya menggenjot pembangunan di berbagai bidang sebagai Implementasi Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Salah satu programnya adalah pembangunan infrastruktur jalan lingkar selatan Kabupaten Badung yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Kabupaten Badung 2016-2021. Demikian sambutan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa dalam acara Capacity Building yang diselenggarakan oleh PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) dalam rangka fasilitas PDF (Project Development Facility), terkait proyek KPBU (Kerjasama Pemerintah Badan Usaha) jalan lingkar selatan, Rabu (2/6) bertempat di Hotel Conrad Nusa Dua Bali.

Lebih lanjut Sekda Adi Arnawa menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur jalan lingkar selatan Kabupaten Badung bertujuan untuk mengurangi dampak kemacetan di beberapa ruas jalan, menjadi alternatif jalan menuju kawasan-kawasan pariwisata. Disamping itu juga meningkatkan kunjungan wisatawan dan pendapatan daerah Kabupaten Badung, meningkatkan investasi, menumbuhkan orientasi desa wisata baru dan memberdayakan potensi produk dan kesenian masyarakat setempat. “Kabupaten Badung memiliki berbagai potensi yang dapat menggerakkan perekonomian seperti sumber daya alam dengan keindahan alam yang eksotis, hasil-hasil pertanian yang mendukung sektor pariwisata, seni budaya dan kerajinan. berbagai potensi tersebut menjadikan Kabupaten Badung sebagai destinasi pariwisata internasional yang terkenal hingga mancanegara,” ujar Adi Arnawa.

Dikatakan Kabupaten Badung merupakan pintu gerbang pariwisata pulau dewata serta menjadi tujuan meeting, incentive, conference dan exhibition atau mice internasional. Dalam konteks ini, maka Kabupaten Badung seringkali menjadi tempat perhelatan pertemuan tingkat internasional yang dihadiri oleh tokoh-tokoh dunia dan kepala negara dari berbagai belahan dunia. Untuk itu tentunya diperlukan dukungan infrastruktur yang memadai dan berstandar internasional, oleh karenanya pembangunan infrastruktur jalan lingkar selatan Kabupaten Badung ini memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam rangka mendukung kelancaran dan kenyamanan berbagai kegiatan dan event internasional yang diselenggarakan di Bali dan Kabupaten Badung khususnya. Pembangunan ini diproyeksikan untuk memudahkan koneksi antar destinasi pariwisata, salah satu bentuk upaya mendukung konektivitas antar kawasan pariwisata adalah dengan adanya jalan yang memadai dan bebas hambatan yang dapat meningkatkan konektivitas antar daerah dalam upaya pemerataan pembangunan di Kabupaten Badung.

Baca Juga :
Pj. Gubernur Mahendra Jaya Ajak Generasi Milenial SEJEBAG Bali Dukung Upaya Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

“Pada kesempatan yang baik ini, kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Badung mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan PT PII selaku yang ditugaskan untuk mendampingi kami dalam PDF (project development facility) atau penyiapan dan pendampingan transaksi proyek KPBU jalan lingkar selatan Kabupaten Badung. Kami sebagai penanggung jawab proyek kerjasama (PJPK) berkomitmen kuat melaksanakan arahan serta catatan-catatan yang diberikan Kementerian Keuangan dan mensukseskan proyek KPBU Jalan Lingkar Selatan Badung ini di mata investor nasional maupun internasional,” ucap Adi Arnawa mengutip sambutan Bupati Badung.

Ditambahkan Adi Arnawa, bahwa Bupati Giri Prasta berharap dengan diselenggarakannya acara Capacity Building ini akan menambah wawasan pengetahuan Pemkab Badung dalam memahami skema pembiayaan dengan KPBU yang saat ini sedang digalangkan oleh pemerintah pusat. Diharapkan pula proyek KPBU Jalan Lingkar Selatan di Kabupaten Badung dapat segera terwujud sehingga nantinya akan muncul daerah tujuan wisata (DTW) baru dalam upaya meningkatkan pemasukan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Badung. Mengingat sampai saat ini sektor pariwisata masih menjadi sektor unggulan dan berkontribusi besar terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Badung dengan jumlah wisatawan + 6,5 juta tiap tahunnya.

Sementara itu Dirut Utama PT. PII Wahid Sutopo sebagai sebuah BUMN yang di bawah koordinasi Kemenkeu mendapatkan mandat untuk memberikan dukungan sepenuhnya dalam rangka pelaksanaan proyek KPBU Jalan Lingkar Selatan Kabupaten Badung. Sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong adanya kerjasama dengan pemerintah dengan badan usaha untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur sesuai dengan skema yang diatur Perpres sampai saat ini sudah ada 30 proyek infrastruktur baik skala nasional maupun daerah. Untuk ini pihaknya sangat berterima kasih atas inisiatif yang dilakukan Pemkab Badung untuk melaksanakan skema KPBU Jalan Lingkar Selatan yang terdiri dari 4 segmen yang 2 diantaranya didanai oleh APBD dan 2 segment lainnya di bangun dengan skema KPBU. “Terima kasih kepada Kemenkeu yang telah memberikan dukungan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, dalam pemberian fasilitas project development facility sehingga kami dapat memobilisasi dukungan konsultan- konsultan internasional yang sudah berpengalaman dalam proyek KPBU maupun infrastruktur. Proyek ini sangat memerlukan kerjasama yang baik antara kita dari semua sisi. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan kita semua bisa berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Baca Juga :
Polres: Korban meninggal kecelakaan bus di Ciamis jadi empat orang

Acara tersebut turut dihadiri oleh Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan infrastruktur Kementerian Keuangan, Brahmantio Isdijoso beserta jajaran, Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo beserta jajaran, Komisi I DPRD Kabupaten Badung Loka Astika, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa selaku Ketua Simpul KPBU Kabupaten Badung dan para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. (RED-MB)

Leave a Comment

Your email address will not be published.