Pemkot Denpasar Resmikan Aplikasi Pemandu Virtual Layanan Informasi Publik DEVI 

 Asisten Pembagunan Setda Kota Denpasar, AA. Gede Risnawan didampingi Kadis Kominfo dan Statistik Kota Denpsar, I Dewa Made Agung saat meresmikan aplikasi Pemandu Virtual Layanan Informasi Publik DEVI (Denpasar Virtual Asistant) dan Literasi Media dalam rangka Peringatan ke-3 Bulan Bung Karno, Kamis (10/6) di Ruang Ciber Monitor Damamaya Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Balinetizen.com, Denpasar-

Sebagai wujud komitmen Kota Denpasar dalam menyelenggarakan layanan informasi publik yang mudah, murah dan cepat bagi masyarakat, Pemkot Denpasar meresmikan Pemandu Virtual Layanan Informasi Publik DEVI (Denpasar Virtual Asistant) dan Literasi Media dalam rangka Peringatan ke-3 Bulan Bung Karno, Kamis (10/6) di Ruang Ciber Monitor Damamaya Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Launcing inovasi ini di resmikan Asisten Pembagunan Setda Kota Denpasar, AA. Gede Risnawan didampingi Kadis Kominfo dan Statistik Kota Denpsar, I Dewa Made Agung yang ditandai dengan penekanan tombol aplikasi.

 Walikota Denpasar dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pembangunan Agung Risnawan  mengatakan, kebutuhan akan informasi serta kemudahan dan keterbukaan akses informasi merupakan hal strategis di berbagai bidang termasuk dalam pelayanan publik. Oleh karenanya pemerintah berkewajiban menyediakan layanan informasi publik yang mudah dan dapat diakses dengan cepat. 

Agar masyarakat dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dimana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi instansi yang dituju. Terlebih saat pandemi seperti sekarang, dimana kemudahan dan efisiensi menjadi prioritas dalam banyak sektor.

“Saya memberikan apresiasi dan menyambut baik sinergi dan kolaborasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik bersama OPD dan Perumda pemberi layanan publik untuk menghadirkan DEVI (Denpasar Virtual Assistant) yang bertujuan memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan informasi layanan publik. Terlebih sistem berbasis media sosial populer di masyarakat ini dapat diakses setiap saat dari mana saja,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, ini sekaligus sebagai suatu wujud kerja nyata yang ditunjukkan pemerintah dalam mewujudkan misi Kota Denpasar yaitu “Kejujuran dan Spirit Sewakadarma Sebagai Penguat Reformasi Birokrasi Menuju Tata Kelola Kepemerintahan yang Baik (Good Government)” sehingga dapat menciptakan Denpasar sebagai kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar MAJU (Makmur Aman Jujur dan Unggul.

Sementara Kadis Kominfo dan Statistik Kota Denpsar, I Dewa Made Agung mengatakan, Aplikasi Pemandu Virtual Layanan Informasi Publik yang disebut DEVI (Denpasar Virtual Assistant) dibuat sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Denpasar dalam menyelenggarakan layanan informasi publik yang mudah, murah dan cepat bagi masyarakat.

Sedangkan kegiatan Literasi Media tahun ini mengusung tema “Agar Makin Cakap Digital : Berinteraksi Digital yang Aman, Cerdas, Berbudaya dan Beretika”. Dilatar belakangi semakin meningkatnya keterhubungan masyarakat dengan dunia digital di era pandemi yang memerlukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang dunia internet.

Adapun Kegiatan Literasi Media tahun ini diikuti 100 orang PKK Desa/Kelurahan dan 100 orang anggota WHDI Desa/Kelurahan yang terhubung secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari, tanggal 10 s/d 11 Juni 2021 dengan menggunakan anggaran APBD dan sebagian lagi merupakan kerjasama dengan instansi terkait dan komunitas.

Dengan Narasumber Literasi Media meliputi unsur Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Bali, Komunitas Relawan TIK Bali dan  Dinas Kominfos Kota Denpasar. 

 

Baca Juga :
Pemkab Badung Tandatangani Perjanjian Pinjaman Dana PEN

Sumber : Humas Pemkot Denpasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.