Polsek Seririt Amankan Mobil Sarat Bermuatan Kayu Sonokling Diduga Ilegal Loging

Avatar

 

Balinetizen.com, Buleleng

Mobil Pick-Up L-300 bernopol DK 8650 UK yang dikemudikan berinisial ES terpaksa diamankan oleh anggota Polisi Sektor Seririt pada Rabu (9/6/2021) malam. Karena pada saat anggota polisi melakukan patroli melihat mobil pick-up warna hitam yang mencurigakan melintas di jalur jalan wilayah Desa Sulanyah, Kecamatan Seririt, yang sarat bermuatan barang. Setelah diperiksa ternyata mengangkut kayu sonokling. Dan tidak mampu menunjukkan dokumen pengangkutan kayu. Dengan adanya hal tersebut, dengan sigap, anggota polisi membawa ES ke Mapolsek Seririt guna dimintai keterangan lebih lanjut.

Dalam keterangannya, ES mengaku mendapat perintah dari bos-nya untuk mengirimkan kayu jenis sonokeling dari kawasan hutan wilayah Desa Gerokgak ke wilayah Desa Temukus, Kecamatan Banjar.

“Saya mengambil kayu sekitar Pukul 22.00 Wita, tujuannya untuk dibawa ke Desa Temukus. Bos saya bilang, tinggal bawa saja kayunya, setelah itu terus pulang, nanti diberikan upah.” ungkap ES dalam keterangannya.

Terhadap hal ini, Kapolsek Seririt, Kompol Gede Juli seijin Kapolres Buleleng mengatakan, pihaknya masih melakukan proses penyelidikan lebih lanjut, guna untuk mengetahui apakah kayu-kayu itu dapat dikatakan hasil ilegalloging atau tidak.

“Kita lakukan pengembangan dan mene,usuri keberadaan kayu ini dengan mengutus anggota turun ke lapangan dan mengecek, apakah ada izin atau tidak penebangan ataupun lengangkutan kayu tersebut,” ucap tegas Kompol Gede Juli, pada Kamis, (10/6/2021) siang.

Oleh karena ES hanya merupakan seorang sopir yang ditugaskan untuk mengirimkan kayu ke lokasi tujuan, maka polisi masih menelusuri terhadap orang yang memerintahkan ES untuk mengirimkan kayu sonokeling tersebut ke wilayah Desa Temukus.

“Untuk sementara ini, kami belum bisa memastikan. Apakah kayu ini ilegalloging atau tidak, karena saat ini masih dilakukan penyelidikan. Apabila hasil penyelidikan kayu itu hasil ilegalloging, maka sudah barang tentu akan kita tindaklanjuti sesuai dengan proses hukum yang berlaku,” tandas Kompol Gede Juli. GS

Baca Juga :
Atasi Kendala dan Manfaatkan Peluang Untuk Antisipasi Kemungkinan yang Terjadi

Leave a Comment

Your email address will not be published.