Peringati HLUN, Sekda Dewa Indra Ajak Bangun Kesehatan dan Kesejahteraan Lansia Yang Berkualitas

Keterangan foto: Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri pembukaan Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia yang diselenggarakan serangkaian puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2021 bertempat di Agung Ballroom, Hotel Grand Inna, Sanur, Kamis (17/6)/BN

(Balinetizen.com) Denpasar

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri pembukaan Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia yang diselenggarakan serangkaian puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2021 bertempat di Agung Ballroom, Hotel Grand Inna, Sanur, Kamis (17/6).

Dalam sambutannya, Sekda Dewa Indra menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya seminar pada pagi hari ini sebagai salah satu komitmen kita bersama dalam mewujudkan lansia yang tidak saja sehat tetapi juga sejahtera dan produktif di usia senjanya.

“Menjadi lansia itu sudah pasti, menjadi lansia yang sehat, sejahtera dan produktif itu adalah pilihan yang harus kita wujudkan. Untuk itu perhatian pada lansia itu penting agar mereka tetap sehat dan sejahtera,” imbuhnya.

Dewa Indra menambahkan Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen tinggi dalam berbagai upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia. Salah satunya dengan membuat regulasi berupa Perda No 11 Tahun 2018 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia yang ditindaklanjuti dalam Peraturan Gubernur Bali No 48 Tahun 2020. Tidak hanya itu, lansia juga mendapatkan prioritas dalam pemberian Vaksinasi Covid 19 setelah tenaga kesehatan. Hal ini sebagai bukti dari komitmen kita bersama untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia.

“Pemerintah berkomitmen tinggi dalam mewujudkan lansia yang sehat dan sejahtera. Untuk itu Saya berharap dari seminar ini akan ada ide atau gagasan yang dapat dijadikan pedoman bagi kita bersama untuk membangun kesehatan dan kesejahteraan lansia yang lebih baik kedepannya,” tuturnya.

Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Ikuti Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah dari Kemendagri

Hal senada disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwasannya secara alamiah kondisi tubuh dan fisik lansia semakin lemah dan kognitif juga mulai melemah, sehingga merupakan tantangan bagi kita semua agar lansia bisa tetap sehat. Untuk mewujudkannya, Wamen mengatakan bahwa peningkatan kesehatan tidak dimulai saat masuk usia senja tetapi kesehatan mulai dijaga dari usia muda dan tetap terjaga hingga lansia.

Acara yang diselenggarakan secara luring dan daring ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, jajaran Kementerian Kesehatan serta pemerintah daerah dari seluruh Indonesia. Acara seminar yang mengangkat tema “Bersama Lansia Keluarga Bahagia” juga diisi dengan penyerahan Rencana Aksi Nasional (RAN) Kesehatan Lanjut Usia kepada Sekda Bali serta penyerahan plakat sebagai apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Bali atas cakupan vaksinasi pada lansia tertinggi seluruh Indonesia. RED-BN

Leave a Comment

Your email address will not be published.