Meskipun Sudah Vaksin, Warga Masuk Bali Wajib Bawa Test Hasil Negatif 

Avatar
Balinetizen.com, Jembrana

Peningkatan kasus positif Covid-19 di sejumlah daerah di Pulau Jawa berdampak pada warga atau pelaku perjalanan yang akan ke Bali.
Pelaku perjalanan atau warga yang akan masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana wajib membawa hasil negatif test rapid antigen atau GeNose meskipun sudah mendapatkan vaksin. Terkhusus pelaku perjalanan atau warga dari Madura, Jawa Timur wajib menjalani test swab.
Kapolres Jembrana AKBP Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan sesuai nota dinas dari Kementerian Kesehatan RI, pelaku perjalanan atau warga dari Madura wajib kembali melaksanakan test swab kendati pun sudah membawa hasil negatif dari test rapid antigen.
“Bagi yang dari Madura dilaksanakan pemeriksaan ulang di Pelabuhan Gilimanuk. Ini instruksi Kementerian Kesehatan RI melalui nota dinasnya” jelas Kapolres Adi Wibawa dikonfirmasi di Polres Jembrana, Jumat (18/6/2021).
Nota dinas dari Kementerian Kesehatan yang ditujukan kepada pihak pelabuhan juga menggratiskan pelaksanaan test swab ulang bagi pelaku perjalanan atau warga dari Madura.
“Jadi, khusus untuk warga dari Madura yang dites ulang biayanya digratiskan” imbuh Kapolres Adi Wibawa didampingi Kasubag Humas Polres Jembrana Iptu Ketut Suartawan.
Sedangkan bagi warga lainnya sambungnya, pemeriksaan tetap dilaksanakan oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Gilimanuk meskipun sudah mendapatkan vaksin. “Meskipun sudah vaksin, masyarakat yang melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Gilimanuk tetap diperiksa. Warga juga wajib membawa hasil test negatif rapid antigen atau GeNose” ungkapnya.
Disebutnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jembrana sudah melandai. Untuk itu Kapolres berharap semua pihak untuk tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan baik.
Masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dihimbau Kapolres untuk segera melaksanakan vaksin dengan mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) seperti rumah sakit maupun puskesmas-puskesmas terdekat.
Selain di faskes milik Pemerintah Kabupaten Jembrana kata Kapolres, warga juga bisa datang ke Klinik Polres Jembrana untuk mendapatkan vaksin. “Di Klinik Polres (Jembrana) juga bisa. Silahkan warga datang kesini” imbuhnya.
Sedangkan untuk mensukseskan program vaksinasi menurutnya, Polri, TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana rutin melakukan himbauan. Bahkan pihaknya sudah memerintahkan para Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikannya.
“Vaksinasi di Jembrana sekarang sudah sekitar 69 persen dari target 70 persen” pungkasnya. (Komang Tole)
Baca Juga :
6 Alasan Mengapa PayLater Digadang-Gadang Sebagai Sistem Pembayaran Unggulan

Leave a Comment

Your email address will not be published.