Ajak Ibu-Ibu Kreatif Tangkap Peluang Usaha Kuliner, Emiliana Sri Wahjuni: “Perempuan Tangguh” Penjaga Ketahanan Ekonomi Keluarga

Avatar

Foto: Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Emiliana Sri Wahjuni (kiri) saat hadir mendukung “Pelatihan Membuat Pudding Art” yang diselenggarakan di Ruang Lobby KRC (Kuta Rock City), Jalan Nakula, Denpasar, Sabtu (19/6/2021).

Balinetizen.com, Denpasar

Ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor ekonomi yang bisa menjadi unggulan dan alternatif selain sektor pariwisata Bali yang kini sedang terpuruk karena pandemi Covid-19.

Salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang paling banyak digeluti adalah kuliner. Bahkan di masa pandemi pelaku UMKM baru di bidang kuliner semakin banyak yang muncul.

Melihat peluang dan kondisi ini, Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar Emiliana Sri Wahjuni terus memberikan dukungan bagi calon-calon pelaku UMKM baru maupun UMKM yang sudah eksis di usaha kuliner agar semakin menggeliatkan ekonomi kreatif khususnya di sub sektor kuliner.

Seperti halnya dukungan yang diberikan Srikandi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) saat hadir memberikan dukungan dan motivasi kepada peserta “Pelatihan Membuat Pudding Art” yang diselenggarakan di Ruang Lobby KRC (Kuta Rock City), Jalan Nakula, Denpasar, Sabtu (19/6/2021). Pelatihan ini diinisi oleh seorang tokoh gereja Ellya Agustina.

“Saya selalu dukung kegiatan-kegiatan pemberdayaan perempuan, para ibu-ibu apalagi di bidang UMKM dan hal-hal kreatif. Saya senang melihat mereka tetap kreatif di masa pandemi dengan serius menggarap peluang ekonomi kreatif khususnya di kuliner,” kata Emiliana Sri Wahjuni.

Wakil rakyat dari PSI yang akrab disapa Sis Emil ini mengungkapkan peluang usaha di bidang ekonomi kreatif khususnya kuliner sangat besar. Potensi yang ada harus dimanfaatkan para kaum perempuan, kalangan ibu-ibu untuk membantu menjaga dan menguatkan ketahanan ekonomi keluarga.

Baca Juga :
Dari Lomba Cerdas Cermat dan Yel-Yel Pedagang Pasar Rakyat : Pemkot Denpasar Tekankan Kriteria Pengelolaan dan Pengurangan Kantong Plastik

“Misalnya buat pudding art ini lalu dijual kan bisa menambah penghasilan keluarga. Apalagi bisa makin kreatif membuat beragam pudding art dan juga jenis kuliner yang lain,” ungkap ibu dari dua orang putri ini.

“Saya ajak ibu-ibu ini kreatif menangkap peluang usaha kuliner, menjadi perempuan tangguh untuk ikut jadi penjaga ketahanan ekonomi keluarga,” imbuh tokoh perempuan inspirattif dan wakil rakyat yang penuh dengan program-program pemberdayaan ini.

Dalam kesempatan “Pelatihan Membuat Pudding Art” ini, Sekretaris Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar ini juga memotivasi dan memberikan gambaran singkat kepada para peserta agar mampu memasarkan usaha di platform digital seperti di media sosial. Sebab pemasaran digital ini mampu memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

Sis Emil sendiri rutin menggelar pelatihan pemasaran digital untuk UMKM di Rumah Kreatif Emiliana Sri Wahjuni di Perumahan Kerta Dalem Mansion, Desa Sidakarya, Denpasar Selatan. Ada mentor dan pengusaha berpengalaman yang siap mengedukasi dan membimbing mereka.

“Saya juga ajak para ibu-ibu, pelaku UMKM maupun yang baru mau belajar wirasusaha kuliner, mari belajar di pelatihan pemasaran digital yang rutin saya gelar di rumah kreatif,” ajak Sis Emil lantas mengaku senang jika semakin banyak ada “perempuan tangguh dan kreatif” yang mampu membantu perekonomian keluarga.

Tidak lupa Sis Emil berpesan aga para peserta pelatihan ini terus mencari ide-ide baru produk kuliner. Jangan pula semua hanya asal mengikuti tred atau ikut-ikutan usaha sekitar tanpa memikirikan inovasi dan ide baru produk apa yang perlu dihadirkan.

“Jangan hanya buat produk itu-itu saja. Cari ide baru, cari konsumen baru. Harus buat produk-produk yang variatif, kreatif dan inovatif,” pungkas Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar yang membidangi kesehatan, pendidikan, pemuda dan olahraga, pemberdayaan perempuan, sosial dan tenaga kerja, kebersihan dan pertamanan, pariwisata dan lain-lain ini. (dan)

Baca Juga :
Pastikan Kelancaran Pelaksanaan, Jaya Negara - Arya Wibawa Tinjau Vaksinasi Massal di Kota Denpasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.