Gunakan Teknologi SWRO, PDAM Tirta Mahotama Gandeng Pihak Ketiga

Balinetizen.com, Klungkung

Persoalan air bersih masih menjadi perhatian khusus. hal ini membuat Pemerintah Kabupaten Klungkung terus berupaya dalam mengatasi kesulitan air bersih yang dialami warganya. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Klungkung yakni dengan menyepakati perjanjian kerjasama Penyediaan Air Bersih Layak Minum melalui Teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) antara PDAM Tirta Mahottama Kabupaten Klungkung dengan PT Tiara Cipta Nirwana. Acara tersebut berlangsung di di Bella Kita Restorant, Desa Besan, Kecamatan Dawan, Kamis (24/6/2021).

Hadir Langsung Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung, Rosalina Sidabariba, SH, MH. Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, Kepala Inspektorat Kabupaten Klungkung, I Made Seger, Kaban Baperlitbang Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana, Direktur PT. Tiara Cipta Nirwana I Made Gede Putra Yasa, Direktur PDAM Klungkung I Nyoman Renin Suyasa, dan undangan terkait lainnya.

Bupati Suwirta, mengatakan bahwa penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan suatu perubahan dan sebuah langkah kemajuan dalam salah satu proses pemenuhan 100% air bersih. Dimana Pulau Nusa Penida, yang saat ini merupakan salah satu destinasi pariwisata, disamping harus memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari juga dituntut untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi industri pariwisata.”dengan perjanjian kerjasama ini, kami berharap  khususnya di kepulauan Nusa Penida tidak lagi merasakan kekurangan air bahkan ketiadaan air.

Direktur PDAM Klungkung, I Nyoman Renin Suyasa mengtakan kerjasama ini tiada lain untuk pemenuhan kebutuhan air minum di air kabupaten klungkung khususnya di Nusa Lembongan, “Melalui kerjasama ini diharapkan bisa pemenuhan bebutuhan air di Kabupaten Klungkung, dan bisa melaksanakan tanget 100% pelayanan air minum di tahun 2022,” harap Nyoman Renin

Pihaknya terus bekerjakeras melalukan langkah strategis dengan selalu berkordinasi dengan pihak terkait. Dimana SWRO ini akan dibangun di Desa Jungut Batu, Nusa Lembongan.

Baca Juga :
Di Hadapan Wiranto, Anak Kartosuwiryo Ukrar Setia NKRI

Sementara itu, Direktur PT. Tiara Cipta Nirwana, I Made Gede Putra Yasa mengatakan kerjasama ini yang kedua di Inodonesia. Dimana Nusa Penida merupakan daerah pesisir dan memiliki air laut yang  bisa dimanfaatkan sebagai air baku dengan menggunakan teknologi SWRO. “SWRO merupakan teknologi modern yang mengubah air asin menjadi air tawar yang layak untuk dikonsumsi,” jelas Gede Putra Yasa. Pihaknya juga meminta doa dan dukungan agar program ini bisa berjalan dan berkejalanjutan.

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.