Bupati Sanjaya Hadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-75

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri video conference Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021, bersama Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S Siregar, di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan, Kamis, (1/7).

 

Balinetizen.com, Tabanan-

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri video conference Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021, bersama Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S Siregar, di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan, Kamis, (1/7).

Turut hadir saat itu, Dandim 1619/Tabanan Toni Sri Hartanto, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, perwakilan Ketua PN Tabanan dan Kejari Tabanan serta pimpinan dan jajaran terkait Polres Tabanan.

Upacara peringatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet dan Pimpinan DPR, MPR, dan DPD RI, Kapolri Listyo Sigit Prabowo serta jajaran Polri di seluruh wilayah RI.

Dalam sambutannya saat itu, Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-75 kepada seluruh jajaran Polri dan mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras jajaran Polri dalam menangani pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Saya tahu betul selain menjalankan tugas-tugas utamanya, jajaran Polri telah bersinergi dengan jajaran TNI, Pemda, dengan tenaga kesehatan, dengan Kementerian dan Lembaga dan aparat pendukung lainnya dalam menangani pandemi ini,” ujar Presiden yang akrab disapa Jokowi itu.

Ditengah keseriusan jajaran Polri dengan terlibat aktif menangani pandemi Covid-19, Ia berpesan agar pihak Polri jangan pernah lengah sedikit pun dalam menjalankan tugasnya dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum, serta memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat cepat, bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara juga semakin kompleks. Polri harus terpadu menguasai Iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan, penggunaan kewenangan Polri juga harus didukung dengan teknologi mutakhir,” pinta Jokowi.

Baca Juga :
Berlanjut, Anggota Yonif RK 751/Vjs Terima Vaksinasi

Ia juga mengingatkan, dalam penggunaan kewenangan dalam menjalankan tugas baik penangkapan, penyelidikan, penahanan, penggeledahan, penyitaan dan seterusnya harus dilakukan secara bijak dan bertanggung-jawab.

“Ingat, bahwa Negara kita adalah  Negara Pancasila, Negara Demokrasi, Negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Polri bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu, tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,” tegas Presiden asal Solo Jawa Tengah tersebut.

Disamping itu, Jokowi juga meminta agar Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat membuat keputusan yang merujuk pada peraturan perundang-undang dan harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pengembangan SDM Polri ditekankan harus dilakukan secara serius dan terukur.

“Rekruitmen, pendidikan, promosi harus dilakukan dengan transparan dan akuntabel, harus mencari karakter yang sesuai dengan tugas-tugas Polri dan harus menguasai perkembangan Iptek terbaru,” imbuh Jokowi.

Sumber : Humas Pemkab Tabanan

Leave a Comment

Your email address will not be published.