Salurkan Bantuan Sosial Bagi Pemangku Pura, Bupati Tamba Sebut Pura Jagatnatha Segera Direnovasi

Balinetizen.com, Jembrana

Pemerintah kabupaten Jembrana memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada para Pemangku Pura Jagatnatha Kabupaten Jembrana. Bansos berupa beras masing-masing seberat 10 kg, diserahkan secara simbolis oleh Bupati I Nengah Tamba di Wantilan Pura Jagatnatha, Rabu(4/8).

Disela-sela penyerahan itu, Bupati I Nengah Tamba yang didampingi Pj. Sekda Jembrana I Made Budiasa dan Asisten II pada Setda Jembrana IGN. Sumber Wjaya mengatakan bahwa pihaknya akan segera merenovasi secara menyeluruh Pura Jagatnatha.

“Kalau kita lihat sekarang posisi eksisting (rancangan bangun) Pura Jagatnatha ini yang sudah lama sekali. Kita sudah sepakat bersama tim teknis di Pemkab Jembana untuk membuat profosal untuk diajukan ke Gubernur Bali. Profosal ini berkaitan dengan rehab pura Jagat Natha secara menyeluruh,”ujarnya.

Selain rahab bangunan Pura Jagat Natha, Bupati Tamba juga akan melaku perombakan khususnya untuk bangunan yang ada di jaba pura seperti pintu keluar (kori) yang ada di sisi selatan. “Kalau dilihat dari filosofi pura dan juga termasuk Tri Mandala Pura harus ada pintu keluar berupa candi bentar. Semua pura seperti itu. Hal itu berfungsi saat Ida Bethara mebeji termasuk saat melasti. Yang terjadi saat ini tidak ada itu lantaran candi bentarnya tertutup,”ujarnya.

Bupati Tamba juga sangat menyayangkan image yang sangat keliru terhadap anggapan dimasyarakat kalau keberadaan Pura Jagatnatha ini lebih didominasi oleh keberadaan kebun raya. ”Yang utama adalah Pura Jagatnatha, baru berikutnya adalah kebun raya Jagat Natha. Kita(masyarakat Jembrana) inginkan Pura Jagatnatha baru diindahkan dengan adanya kebun raya disebelahnya. Pura Jagatnatha tidak bisa di nomor duakan. Maka dari itu, mungkin itu dulu konsepnya yang salah,”tegasnya.

Bupati asal desa Kaliakah ni optimis kalau usulan yang akan diajukan ke Gubernur Bali dapat persetujuan.”Astungkara(mudah-mudahan) apa yang kita ajukan kepada bapak Gubernur Bali bisa disetujui. Jika dari kita(Jembrana) tentu saat ini masih sangat sulit akibat masa pandemi Covid-19. Kita berharap, beliau kami yakini sangat setuju sekali dengan rancangan ajegnya jagat Jembrana,”ungkapnya.

Baca Juga :
Kerukunan dan Keamanan Jadi Daya Tarik Wisatawan ke Badung

Sementara terkait dengan bansos bagi para pemangku, bupati Tamba berharap agar dapat sedikit meringankan beban keluarga di masa pandemi Covid-19.”Semua pemangku tentu beliau selalu mendoakan jagat Jembrana agar landuh(tentram). Selain itu juga situasii dan kondisi saat ini dimana kita semua sedang mengalami masa sulit dampak dari Covid-19 ini. Untuk itu, pemerintah menaruh rasa kepeduliannya dengan memberikan sedikit bantuan. Kita harapkan bantuan ini sedikit meringankan beban keluarga, ”pungkasnya. (RED-BN)

Leave a Comment

Your email address will not be published.