Sasar Rutan Negara, 102 WB Mendapat Suntikan Vaksin Covid

 

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Vaksinasi di Kabupaten Jembrana menyasar warga yang sedang menjalani hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jumat (13/8/2021).

Sebanyak 102 dari 105 orang warga binaan (WB) dinyatakan lolos screening. Mereka selanjutnya mendapatkan vaksin dosis kedua (II) termasuk Mantan Bupati Jembrana I Gede Winasa.

Sedangkan tiga (3) orang lainnya yakni, dua (2) orang sudah mendapat vaksin lengkap dan satu orang lantaran komorbid (ada penyakit penyerta). Vaksinasi dilakukan oleh tim medis dari Puskesmas 1 Negara.

Selain warga binaan (WB), vaksinasi Covid-19 dosis II juga diikuti oleh 14 orang mantan narapidana. Mereka sebelumnya mendapat vaksin dosis I semasih tercatat sebagai WB Rutan Kelas IIB Negara.

Kepala Rutan Kelas II B Negara, Bambang Hendra Setyawan mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 dalam rangka mendukung program pemerintah dan mencegah penularan Covid-19 khususnya di dalam Rutan.

“Sebelumnya juga untuk pegawai rutan. Jadi semuanya sudah vaksin lengkap. Sekarang giliran napi dan tahanan” terang Hendra Setyawan didampingi Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, I Nyoman Tulus Sedeng, Jumat (13/8/2021).

Rutan Kelas II B Negara juga menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Rutan Negara. Termasuk titipan tahanan, baik dari Kepolisian maupun Kejaksaan.

Sesuai aturan Direktorat Jendral Pemasyarakatan pada Kemkumham, tahanan yang bisa diterima di Rutan adalah tahanan yang sudah tahap A3 atau inkrah Pengadilan. “Kalau masih tahap A1 atau A2 dititip di Polsek Melaya dan Mendoyo” ungkapnya.

 

Pewarta : Komang Darmadi

Baca Juga :
Ini Cara Daftar Online Shop di BliBli, Jualan Sekarang Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published.