Buka Diklat Cakep, Sekda Budiasa: Mari Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan

 

Balinetizen.com, Jembrana 

Diklat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah ( Cakep)  di lingkungan Pemkab Jembrana tahun 2021 resmi dibuka Sekda Jembrana I Made Budiasa, mewakili Bupati Jembrana , Kamis (23/9) di Aula Jimbarwana Kantor Bupati Jembrana. Diklat tersebut diikuti sebanyak 29 orang peserta yang terdiri dari 27 orang guru Sekolah Dasar dan 2 orang guru Sekolah Menengah Pertama.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Jembrana I Made Budiasa menyampaikan Diklat Calon Kepala Sekolah merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan SDM Aparatur yang kompeten.

Melalui diklat itu diharapkan  berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik disektor pendidikan.

“Untuk itu saya minta seluruh peserta diklat agar dapat mengikuti seluruh jadwal kegiatan diklat yang sudah diprogramkan dengan baik. Selama mengikuti untuk senantiasa menjaga kesehatan dan berkonsentrasi penuh untuk menyerap seluruh materi yang diberikan. Seluruh peserta diklat juga harus mampu mengaplikasikan seluruh materi diklat sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas sehari – hari,”tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia I Made Widiana, selaku panitia menjelaskan, maksud pelaksanaan Diklat Calon Kepala Sekolah di lingkungan Pemkab Jembrana adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi manajerial bagi Calon Kepala Sekolah. “Tujuannya agar peserta calon kepala sekolah mampu memahami tentang standar kepala sekolah dan mampu mengelola dan mengkoordinasikan penjaminan mutu pendidikan dengan stakeholder dunia pendidikan, serta mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap pada dimensi – dimensi kompetensi, kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan interaksi sosial,”jelasnya.

Tahapan diklat calon kepala sekolah disampaikan Widiana, diawali dengan _on the job training_ (OJT 1) selama 10 hari yang dilaksanakan di sekolah masing – masing peserta diklat dari tanggal 13-22 September 2021. “Setelah itu diklat dilanjutkan dengan _in service training_ (IST 1) selama 5 hari yang dimulai hari ini 23-27 September. selanjutnya _on the job training_ (OJT 2) selama 9 minggu yang dilaksanakan di sekolah yang ditunjuk, dan yang terakhir _in service training_ (IST 2) selama 3 hari yang dilaksanakan di kelas ,” tutupnya.  (RED-BN)

Baca Juga :
Puncak HAN 2021, Megawati ajak anak belajar kembali ke alam

Leave a Comment

Your email address will not be published.