Jaga Liquiditas dan Tingkatkan Kepercayaan pada Koperasi, BPR Kanti Luncurkan Tabungan Arisanku bersama Gema KUMKM Bali

Avatar

Foto: Peluncuran Tabungan Arisanku bersama Gema KUMKM Bali serangkaian memperingati Hari Koperasi ke-74 dan Pendidikan Pelatihan (Diklat) Micro Business Games (MBG) German Sparkassenstiftung bagi SDM koperasi se-Bali serta penyerahaan penghargaan koperasi berprestasi se-Bali, di Aula SMAN1 Sukawati, Gianyar, Kamis (23/09/2021).

Balinetizen.com, Gianyar

Kiprah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kanti dalam bersama-sama membantu menguatkan koperasi dan mengeliatkan perekonomian UMKM di Bali patut diacungi jempol. Tidak hanya menggelontorkan bantuan modal kerja bagi koperasi sebesar Rp 74 miliar, BPR Kanti juga meluncurkan Tabungan Arisanku bersama Gema KUMKM Bali.

Peluncuran Tabungan Arisanku bersama Gema KUMKM Bali ini dilakukan memperingati Hari Koperasi ke-74 dan Pendidikan Pelatihan (Diklat) Micro Business Games (MBG) German Sparkassenstiftung bagi SDM koperasi se-Bali, di Aula SMAN1 Sukawati, Gianyar, Kamis (23/09/2021).

Dirut BPR Kanti, Made Arya Amitaba menjelaskan Tabungan Arisanku bersama Gema KUMKM Bali tujuannya agar koperasi di Bali bersatu padu dengan dibuatkan produk bersama karena ini akan meningkatkan kepercayaan anggota koperasi dan masyarakat untuk menempatkan dananya di koperasi.

“Dengan adanya kepercayaan masyarakat untuk menempatkan dananya di koperasi, tentu anggota koperasi tidak akan panik karena ketika ditarik dananya ada koperasi lain yang akan bahu membahu membantu koperasi yang mengalami penarikan dana. Dan BPR Kanti siap mensupport itu,” ungkap Amitaba.

Tujuan produk bersama ini melalui Tabungan Arisanku bersama Gema KUMKM Bali agar koperasi bersatu padu dan menjadi lebih kuat serta bisa bertahan dalam kondisi apapun terutama menjaga liquiditas koperasi yang akan dibantu bersama-sama oleh sesama koperasi di Bali dan tentunya BPR Kanti. “Jadi dari sisi liquiditas bisa kita jaga dan bantu bersama,” tegas Amitaba.

Baca Juga :
Tegakkan Hukum Protokol Kesehatan, Fraksi NasDem-PSI Minta Pemkot Denpasar Bentuk Tim Relawan Edukasi Hal Ini

Selain mendukung keberadaan koperasi, BPR Kanti juga menggelar Diklat MBG German Sparkassenstiftung bagi SDM koperasi se-Bali. MBG adalah pelatihan yang sangat interaktif untuk pengusaha mikro dan semua orang yang ingin belajar dalam praktik start-up dan usaha kecil lainnya.

“Pelatihan ini materinya memberikan pemahaman analisa maupun kredit laporan keuangan lewat permainan-permainan edukatif sehingga tidak membosankan,” jelas Amitaba seraya menyebut Diklat ini diikuti 112 perwakilan koperasi se-Bali.

BPR Kanti menjadi salah satu dari 28 BPR di seluruh Indonesia yang mendapat dukungan dana dari salah satu bank umum sebesar Rp.5 triliun. Untuk tahun 2021 ini, BPR Kanti menyiapkan modal kerja untuk koperasi dengan total Rp.74 miliar, dan saat ini telah tersalurkan sebanyak Rp.10 miliar.

“Koperasi akan kita support, kita siapkan dana, sehingga koperasi bisa menyalurkan dana kepada anggotanya,” imbuh Amitaba, bankir sukses asal Sukawati, Gianyar ini.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Mardiana mewakili Wakil Gubernur Bali, menyambut positif inisiatif BPR Kanti mengasah SDM koperasi lewat kegiatan MBG.

Menurut Mardiana, kegiatan semacam ini baru pertama kali diadakan di Bali, bahkan belum semua koperasi mengikutinya. Ia berharap melalui kegiatan ini 5.000 lebih koperasi yang ada di Bali secara bertahap ajukan seribu koperasi untuk mengikuti pelatihan MBG berikutnya.

“Ini sangat baik untuk tata kelola perkoperasian di Bali, melalui MBG ini kawan-kawan pengelola koperasi akan dapat meningkatkan kegiatan pengelola koperasi,” ungkapnya.

Mardiana melihat terobosan BPR Kanti yang mengedepankan sinergitas bersama koperasi ini merupakan langkah untuk saling menguatkan koperasi dan BPR ditengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Ini dalam rangka peningkatan likuiditas permodalan, ini sering jadi kendala gerakan koperasi. Jadi melalui terobosan BPR Kanti ini akan mem-backup gerakan koperasi dalam rangka menyiapkan dana permodalan,” pungkasnya. (dan)

Baca Juga :
Gali Sumur, Pekerja Meninggal Dunia Tertimbun Tanah

Leave a Comment

Your email address will not be published.