Yoga “Pigeon pose” bisa atasi nyeri punggung bawah

Avatar

 

Balinetizen.com, Jakarta

Anda yang mengalami nyeri punggung bawah karena kurang bergerak dan terlalu banyak duduk bisa mencoba berlatih pigeon pose yoga, menurut pendiri sekaligus direktur Santosha School, sebuah pusat kebugaran dan sekolah yoga dan Ayurveda, Pierre Couvillion.

Dia, seperti dikutip dari Insider, Kamis mengatakan, pose ini berfungsi ganda yakni sebagai peregangan untuk mengatasi rasa sakit sekaligus meningkatkan fleksibilitas pinggul.

Sebuah studi kecil pada 2015 terhadap orang dewasa Tiongkok menemukan, mereka yang berlatih yoga Hatha, termasuk pigeon pose selama 12 minggu meningkat fleksibilitas punggung bawah dan paha belakangnya.

Pose ini ini mencegah nyeri punggung bawah. Sebuah studi pada tahun 2019 terhadap orang-orang dengan nyeri punggung kronis menemukan, mereka yang berlatih yoga, termasuk pideon pose merpati selama 8 minggu mengalami pengurangan rasa sakit 9 persen dan pengurangan 14 persen untuk jumlah rasa sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Di sisi lain, pigeon pose bisa membuat seseorang rileks yang pada gilirannya membantu mengurangi tekanan darah, ungkap profesor bidang ortopedi di Emory School of Medicine, Oluseun Olufade, MD.

Tetapi, apabila Anda memiliki riwayat cedera pinggul, lutut, atau punggung, mintalah bimbingan profesional sebelum mencoba pose ini karena tekanan berpotensi menyebabkan rasa sakit atau bahkan cedera.

Sebelum memulainya, ingatlah untuk berhenti bila Anda mengalami nyeri pada pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan punggung bawah, Mulailah perlahan, dengarkan tubuh Anda, dan memaksa persendian terlalu jauh.

Berikut panduan langkah demi langkah untuk melakukan pose ini:

1. Mulailah dengan pose seperti merangkak.
2. Tarik lutut kanan Anda ke depan lalu tekuk ke arah luar siku kanan Anda, atau sedekat siku sesuai fleksibilitas Anda. Pastikan kaki kanan tetap tertekuk selama pose ini untuk melindungi lutut kanan.
3. Luruskan kaki kiri ke arah belakang di lantai.
4. Perlahan condongkan tubuh ke depan sampai Anda merasakan regangan pada piriformis Anda
5. Tahan beberapa napas, lalu ganti sisi.

Baca Juga :
Ny. Putri Koster Ajak Masyarkat Dukung Program Percepatan Gerakan Vaksinasi

Sumber : Antara

Leave a Comment

Your email address will not be published.