Luh Kade Dewi Rahayu, Atlet Selam Asal Buleleng Dulang Medali Perunggu Di PON XX Papua

 

Balinetizen.com, Buleleng-

Bali kembali mendulang medali pada PON XX Papua 2021. Kali ini dari cabang olahraga (Cabor) Menyelam meraih medali Perunggu.

Atlet menyelam asal Buleleng yakni Luh Kade Dewi Rahayu patut diapresiasi ketangguhannya, kendatipun raihan medalinya adalah Perunggu. Mengingat atlet penyelam cantik ini, sebelumnya tanpa diperhitungkan dengan mengejutkan mampu menyumbangkan medali perunggu dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, melalui Cabor Selam pada final Selam Kolam 50 M APNEA Putri.

Pertandingan yang berlangsung di arena akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura cukup berat dirasakan Luh Kade Dewi Rahayu mahasisiwi Undiksha Singaraja ini. Namun berkat kegigihannya berjuang, akhirnya berada diurutan ke-empat dan dinyatakan sebagai Juara III.

“Jawat Timur dan tuan rumah Papua mencatat waktu bersamaan. Dan saya sudah berupaya, namun patut bersyukur meraih perunggu. Saya tidak menduga bisa meraih ini,” ungkap Luh Kade Dewi Rahayu,
putri dari pasangan Nyoman Sujendra dan Ni Made Ayu Riyantini dari Dusun Dauh Pura Desa Panji Kecamatan Sukasada.

Ketua Pengprov POSSI Bali, Bagus Partha Wijaya mengatakan Luh Kade Dewi Rahayu pada saat Pra PON tidak masuk peringkat 3 besar.

“Jadi hasil yang dicapai sekarang diluar dugaan,” ujarnya, saat dihubungi via handphone Jumat, 8 Oktober 2021.

Iapun menyebutkan, Pengprov POSSI Bali mengapreasiasi atas perolehan medali perunggu yang telah dicapai, prestasi tersebut diluar prediksi, mengingat yang bersangkutan merupakan atlit muda/remaja yang belum waktunya bersaing dengan atlit senior lainnya.

“Yang bersangkutan merupakan salah satu atlit Selam Bali yang potensial.

“Kedepannya nanti bisa diharapkan mencapai prestasi ditingkat internasional.” harapnya.

“Sekitar 25 tahun atlet Selam Bali absen dalam kegiatan PON. Jadi keberhasilan yang didapat saat ini tentunya merupakan awal kebangkitan POSSI Bali di event PON,” imbuh Bagus Partha.

Baca Juga :
Presiden Pastikan Pemberian Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga Gratis

Dikatakan juga sebagai peringkat ke 4 dengan raihan medali Perunggu, POSSI Bali menargetkan minimal 1 medali emas bisa diperoleh dari nomor lainnya yang belum bertanding.

“Kita akan berupaya untuk meraih medali lagi,” tandasnya.

Luh Kade Dewi Rahayu sebagai atlet selam muda telah memiliki deretan prestasi membanggakan, dimana Alumni SMA Negeri 4 Singaraja ini tercatat menjuarai sejumlah Kejurnas dalam ajang kejuaraan selam di Surabaya, Situbondo maupun di Bali.

 

Pewarta : Gus Sadarsana

Leave a Comment

Your email address will not be published.