Bupati Tamba Ajak Pelaku Wisata Berbenah

Bupati Tamba saat tatap muka bersama pelaku pariwisata, manager hotel, PHRI hingga pokdarwis sekabupaten Jembrana, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana , Selasa (12/10/2021).

 

Balinetizen.com, Jembrana-

Jelang dibukanya pariwisata mancanegara, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengajak para pelaku wisata Jembrana berbenah untuk menghadirkan destinasi wisata yang berkualitas.
Sekaligus, agar pariwisata Jembrana segera bangkit , membuka dan menyerap lapangan pekerjaan dimasa pandemi covid-19 yang sudah lama berlangsung.

Hal itu disampaikan Bupati Tamba usai tatap muka bersama pelaku pariwisata, manager hotel, PHRI hingga pokdarwis sekabupaten Jembrana, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana , Selasa (12/10/2021).

Tamba mengatakan sengaja mengumpulkan para pelaku wisata itu sekaligus urun rembug untuk memetakan permasalahan khususnya sektor wisata. “Ini pertemuan pertama. Secepatnya akan kita gelar kembali pertemuan karena kita ingin mendengar masukan langsung dari pelaku wisata. Memetakan sejumlah masalah , sektor apa saja yang perlu dibenahi agar benar benar bersiap,” kata Tamba.

Tamba menegaskan Jembrana tidak kalah dengan kabupaten lainnya di Bali. Karena itu ia mengajak pelaku pariwisata agar lebih out of the box mengemas paket wisatanya.
Hanya saja, Ia melihat sampai sekarang industri pariwisata Jembrana masih bergerak sendiri sendiri. Artinya yang ditonjolkan belum merupakan product destinasi Jembrana.
Ia mencontohkan jika ada paket wisata yang dijual selama 3 hari akan ada kebingungan dari pelaku wisata
” Kalo jual paket 3 hari kepada tamu,untuk hari pertama mungkin lolos . Nah untuk hari berikutnya akan kebingungan diajak kemana. Belum ada tujuan pasti karena masih meraba raba.Nah ini yang ingin kita carikan solusi,” papar Tamba.

Terkait target wisatawan, Tamba tidak pilih pilih. Baik itu wisatawan domestik maupun asing
” Harapannya agar dapat sesuatu dari pariwisata ini . Bukan hanya asap dan debu karena sekedar dilewati,” sambungnya.

Daerah sendiri sambungnya juga tengah menyiapkan infrastruktur serta fasilitas penunjang wisata dengan konsep one stop destination. Mulai dari sentra tenun Jembrana, atraksi wisata rutin tahunan, Jegog, UMKM/kuliner serta sirkuit all in one.
Termasuk gilimanuk sebagai pintu gerbang Bali bagi wisatawan domestik dari Jawa.
Akan ditata sehingga mencirikan pelabuhan modern dan memberi nilai tambah bagi wisatawan yang melintas

Baca Juga :
Upaya Skrining Untuk Memastikan Pelaku Perjalanan Internasional Dalam Keadaan Sehat

Sementara untuk promosi wisata, Bupati Tamba juga minta dibuat seefektif dan efisien mungkin. Artinya uang yang dikeluarkan harus tepat sasaran , menjangkau target yang dituju.

Sementara Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah ( BPPD) Jembrana
I Kadek Rondy Ginawan berharap pemerintah daerah memperbanyak penunjuk arah tempat destinasi wisata di Jembrana. Baik itu plang wisata maupun bilboard maupun videotron.

Mewakili rekannya , Ia juga menyampaikan keluhan dilapangan terkait Lampu penerangan jalan menuju akses wisata ada yang mati.Ia ingin lampu penerangan itu segera diperbaiki. Selama ini masih banyak lampu penerangan jalan didaerah daerah wisata justru mati sehingga gelap dan kurang nyaman bagi wisatawa

Selain itu , Ia mengharapkan event bisa melibatkan disektor perhotelan . Misalnya dari kunjungan kerja yang masuk ke Jembrana wajib menginap di Jembrana. Perlunya promosi yang berkesinambungan juga menjadi sorotan .Tujuannya tidak lain untuk mempromosikan bagaimana Jembrana sebagai daerah wisata agar dikenal market.
Menurutnya promosi tidak boleh sekali saja tapi mesti berkali kali dan secara kolektifitas.

” Kondisi saat ini kami sudah berpromosi, tapi sebatas individual dengan promosi sendiri sendiri. Itu kurang mendapat perhatian pasar. Kalau mau dikenal jembrana harus melakukaan promosi yang yang kolektivitas dan berkesinambungan.
Jadi kami mohon tolong dianggarkan untuk promosi ini agar Jembrana bisa bersanding dengan destinasi lainnya yang lebih dulu dikenal,” harapnya.

Turut hadir dalam tatap muka pelaku wisata ini Sekda Jembrana I Made Budiasa, Asisten II I Gusti Ngurah Sumber Wijaya serta Kabid Pariwisata Jembrana I Komang Gede Hendra Susanta.(Humas Pemkab Jembrana)

Leave a Comment

Your email address will not be published.