Muscab Pramuka, Bupati Suwirta Minta Pramuka Bentuk Jati Diri

Avatar
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta pada saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (14/10).

 

Balinetizen.com, Klungkung-

Memahami pramuka tidak hanya baris berbaris, melainkan mampu membentuk jati diri dari dalam sebagai organisasi atau gerakan kepanduan untuk melahirkan genrasi muda yang lebih baik. Hal ini sampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta pada saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (14/10). Turut hadir Ka. Kwarda Provinsi Bali, I Made Rentin, Kadis Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana dan anggota Kwarcab Klungkung.

Lebih lanjut Bupati Suwirta yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Klungkung mengatakan, gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa, agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, membentuk manusia menjadi beriman, membentuk generasi emas, dan membentuk generasi penerus pemimpin. “Pramuka  harus mampu mencetak entrepeneur dengan pendidikan karakter, serta mampu melahirkan inovasi- inovasi membawa klungkung menjadi damai dan menciptkan generasi muda klungkung yang maju,” ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya juga berharap musyawarah ini menjadi evaluasi program kerja kedepannya menjadi baik, serta terjalin kemunikasi yang baik dan anggota gerakan pramuka di Klungkung juga harus bisa terus bertransformasi pada kegiatan-kegiatan kepramukaan.

Sementara Ka. Kwarda Provinsi Bali, I Made Rentin menyampain, muscab ini sebagai forum tertinggi dalam penyampaian hasil kinerja yang sebelumnya dan penyampaian pembahasan perencanaan program kerja kedepanya. ” Saya berharap muscab berjalan lancar dengan kedepan musyawarah, kedepankan semangat kekeluargaan, dan kedepankan semangat kegotongroyongan,” harap Made Rentin yang juga sebagai Kalak BPBD Provinsi Bali.

Ketua Panitia Muscab Klungkung, Ngakan Made Mintu mengatakan, bahwa Muscab ini dilaksanakan berdasarkan atas AD/ART Gerakan Paramuka dan merupakan program kerja Kwarcab tahun 2021. Adapun tujuan dari diadakannya Muscab ini untuk memilih pengurus Kwarcab Klungkung masa Bhakti 2021-2026 serta untuk mengevaluasi program kerja dan merumuskan program kerja 5 tahun ke depan. “melalui muscab kita wujudkan pramuka yang cerdas, trampil dan berkarakter dijiwai spirit gema santi,” Ujar Mintu.

Baca Juga :
Polisi Tangkap Dua Mucikari Prostitusi Daring Di Majalengka, Sekali Kencan 4 Juta

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.