Bupati Giri Prasta Ikut Melasti ke Segara Batu Bolong Canggu

Bupati Nyoman Giri Prasta bersama istri ikut melasti ke Segara Batu Bolong Canggu, Kuta Utara, serangkaian karya Ngenteg Linggih di Pura Desa, Desa Adat Pelaga Sabtu (23/10). 

 

Balinetizen.com, Mangupura-

Serangkaian Karya Ngenteg Linggih Mapedudusan Agung, Numbung Pedagingan, Medasar Caru Tawur Balik Sumpah Utama, Ngusaba Desa Dan Ngusaba Nini di Pura Desa, Desa Adat Pelaga, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi Nyonya Seniasih Giri Prasta ngiring Prelingga Ida Betara melasti ke Segara Batu Bolong Canggu, Kuta Utara, Sabtu (23/10). Upacara dipuput oleh Ida Pedanda Gede Anom Taman Gunung dari Griya Anom Gunung Tumbak Bayuh menggunakan sarana banten bebangkit selem dan bebangkit serandu. Turut hadir Kadis Kebudayaan Badung Gede Eka Sudarwitha, Camat Petang Wayan Darma, Camat Kuta Utara Putu Eka Permana, tokoh Desa Adat Canggu Made Sudiana, Perbekel Plaga dan Perbekel Canggu.

Pada kesempatan itu selaku pengrajeg karya, Bupati Giri Prasta didampingi Mangku Gede Pura Pucak Mangu dan Prawartaka Karya Ida Bagus Munika ngayah nunas tirta dan mulang pekelem walungan kambing itik dan ayam di tengah laut, dibantu tim dari Balawista Badung.

Bupati Giri Prasta menyampaikan melasti bertujuan untuk menghilangkan semua kekotoran/keletehan yang ada di desa adat maupun yang ada di Bhuana Agung dan Bhuana Alit dengan cara menghanyutkan ke tengah samudra. Setelah itu dilanjutkan dengan nunas Tirta Amerta ring Sanghyang Baruna ditengah segara, untuk dipergunakan di prahyangan/Pura dan akhirnya ditunas oleh semua krama desa. “Tujuannya, ngamet sarining kehidupan, yakni mendapatkan sari-sari kehidupan agar umat mendapatkan kehidupan yang lebih baik damai dan tentram setelah pelaksanaan karya ini,” ujar Giri Prasta.

Sumber : Humas Pemkab Badung

Baca Juga :
Sekda Putu Winastra Minta Bank Mandiri Taspen Bisa Beri Kontribusi Bagi Perekonomian Masyarakat

Leave a Comment

Your email address will not be published.