Sekda Adi Arnawa Membuka Musda Dekopinda Badung

Sekda Wayan Adi Arnawa saat membuka Musda Dekopinda Kabupaten Badung tahun 2021 di Gedung Kertha Gosana Puspem Badung, Sabtu (23/10).

Harapkan Bisa Merevitalisasi Semangat dan Tingkatkan Strategi Gerakan Koperasi

Balinetizen.com, Mangupura

Sekretaris Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa membuka pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Badung tahun 2021 di Gedung Kertha Gosana Puspem Badung, Sabtu (23/10). Turut hadir Ketua Dekopinwil Bali I Wayan Murja, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana, Ketua Dekopinda Badung I Wayan Reta, Majelis Pakar Dekopinda Badung dan para undangan lainnya.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan Pemerintah Kabupaten Badung menyambut baik pelaksanaan Musda ini, dan mudah-mudahan pelaksanaan Musda ini tidak hanya membentuk pengurus, tetapi yang paling penting adalah pengurus yang baru nanti bisa membuat program kebijakan yang strategis terutama kebijakan yang berpihak kepada gerakan koperasi ini. “Kami dari Pemerintah Badung akan mensuport karena bagaimanapun juga koperasi ini adalah memberi kontribusi yang sangat besar terutama dalam rangka kesejahteraan dan dalam rangka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Badung ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa koperasi memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, di Kabupaten Badung. Masih banyak perlu dibina dan ditingkatkan kondisinya agar benar-benar dapat beroperasional secara sehat, maka dari itu Musda Dekopinda Kabupaten Badung ini dijadikan wadah untuk merevitalisasi semangat perkoprasian dan sebagai upaya untuk meningkatkan strategi gerakan koperasi. “Betapa strategisnya gerakan koperasi ini, sejarah perjuangan kemerdekaan karena kemerdekaan tonggak awal kebebasan kita dan dibalik kebebasan itu, kita harus mengisi diri dan kita tidak bisa berdiri bebas tanpa sektor ekonomi, maka dari itu kita harus pahami dulu sebelum kita melakukan langkah kedepan untuk lebih memajukan koperasi ini, koperasi tidak bisa eksis tanpa peran serta pemerintah, apalagi dalam situasi pandemi tidak hanya fisik saja yang sakit tapi seluruhnya juga sakit termasuk perekonomian kita juga, apalagi  PAD Badung 85 % dari sektor pariwisata. Namun demikian Pemerintah Badung selalu berupaya untuk tetap bisa membantu masyarakat yang terdampak pandemi ini, untuk langkah awal pertumbuhan ekonomi Kabupaten Badung, Bupati Badung akan mengambil langkah kebijakan memberi bantuan stimulus dana langsung kepada UMKM yang ada di Kabupaten Badung diluar yang sudah dibantu dari Kementerian,” terangnya.

Baca Juga :
Dukung Denpasar Sebagai Green Economy, Gandeng Pemkot, IKIP PGRI Bali Gelar Bakti Sosial di Kelurahan Sesetan dan Serangan

Sementara itu Ketua Panitia I Putu Alit Suarsawan, yang juga Ketua Koperasi Jagadhita Badung menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Badung yang sudah memfasilitasi tempat dan yang lainnya, dan juga sudah memberikan petunjuk sehingga melaksanakan Musda ini berjalan sesuai dengan ketentuan. “Beruntung sekali kita juga bisa memakai gedung yang luas ini untuk melaksanakan Musda, sehingga pelaksanaan kegiatan ini bisa berjalan baik dan lancar, ungkapnya.

Ketua Dekopinwil Bali I Wayan Murja menambahkan Musda ini memiliki nilai yang sangat strategis dan pelaksanaan Musda ini paling tidak hanya 1 kali dalam 5 tahun. Dimana pelaksanaan Musda ini menentukan bagaimana jalannya koperasi di Kabupaten Badung 5 tahun kedepan. “Kami dari Dekopinwil Bali sangat mengapresiasi karena Musda ini sudah bisa berjalan sesuai yang diharapkan seiring dan sepemahaman dengan Provinsi, Dekopinda memiliki peran tugas yang strategis yaitu bagaimana koperasi sebagai identitas pelaku ekonomi di masyarakat. Saya berpesan untuk pengurus baru yang terpilih bahwa, sejatinya tantangan yang lain bagaimana kita dapat menjalankannya, bagaimana jati diri koperasi tidak bisa lepas dari nilai- nilai luhur, dan bagaimana kita bisa menjalankan koperasi kedepan agar terus lebih baik dan lancar sebagai yang kita harapkan,” imbuhnya. (RED-BN)


Leave a Comment

Your email address will not be published.