Kemenko Marves Kembali Kantongi Penghargaan Kategori Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021

 

 

 Balinetizen.com, Jakarta-

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi kembali meraih penghargaan sebagai kementerian negara berkategori informatif dari Komisi Informasi Pusat dengan nilai 97,03. Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin bersama Komisi Informasi Pusat pada Selasa, (26-10-2021). Penghargaan ini diraih berdasarkan pada komitmen Kemenko Marves dalam menjalankan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat, yang dilaksanakan melalui layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Tahun ini, Kemenko Marves mampu meningkatkan indeks penilaiannya hingga 5 poin dari pencapaian tahun lalu, “Kita patut bersyukur dan tentunya terus meningkatkan semangat kita dalam memperbaiki diri. Saya ingin mengapresiasi seluruh bagian dari Kemenko Marves yang telah mendedikasikan dirinya dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik,” ungkap Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Agung Kuswandono.

Keterbukaan informasi publik menjadikan tata kelola pemerintahan di Indonesia semakin maksimal. Akses informasi ini dapat menciptakan keterlibatan masyarakat untuk sama-sama membangun bangsa dan negara.

“Negara Indonesia dengan tegas menjamin perolehan informasi bagi masyarakat, hal ini berarti seluruh lembaga harus terus menggelorakan semangat keterbukaan informasi dan menjadi perhatian bersama,” ungkap Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Menurutnya pula, era digitalisasi ini harus dimanfaatkan sebagai peluang bagi badan publik dan pemerintah untuk mendiseminasikan pesan transparansi, memerangi korupsi untuk memperkuat pemerintahan dan pelayanan yang ada.

“Penghargaan ini menjadi bentuk komitmen Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik dan dalam menjalankan amanat undang-undang,” ungkap Ketua Komisi Informasi Publik Gede Narayana. Ia menekankan ini juga menjadi wujud visi misi pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Maju, serta memberikan motivasi tinggi bagi berbagai badan publik yang ada.

Baca Juga :
TMMD Ke-110 Tahun 2021 Resmi Dibuka, Sejumlah 10 Unit Rumah dan 1 Barak Menjadi Sasaran Kodam Cenderawasih

Terlepas dari hal tersebut, menurutnya penghargaan ini bukanlah ajang kontestasi bagi lembaga-lembaga negara yang ada, tetapi dapat dimaknai lebih dari hal itu, “Penganugerahan ini diharapkan dapat memacu semangat kita semua sebagai pelayan publik untuk mendedikasikan diri kepada masyarakat,” imbuhnya.

Tahun ini, target RPJM terlampaui dengan terpenuhinya kualifikasi  35 dari 60 badan publik yang berhasil mendapatkan penghargaan ini. Dengan keberhasilan ini,  diharapkan juga dapat memberikan perubahan besar bagi seluruh badan publik dan pemerintah dalam mewujudkan tata kelola yang baik. Diharapkan pada masa mendatang, Kemenko Marves dapat terus meningkatkan prestasinya dan menjunjung tinggi keterbukaan informasi publik demi mewujudkan berbagai program yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Sumber :

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Leave a Comment

Your email address will not be published.