SatRes Narkoba Bekuk Pemesan Tembakau Gorila

 

Balinetizen.com, Buleleng-

Sat Res Narkoba Polres Buleleng pada Minggu, 17 Oktober 2021 sekitar Pukul 09.00 Wita mendapatkan informasi adanya pengiriman paket yang diduga berisi narkotika melalui salah satu jasa pengiriman dengan alamat dan nomer handphone (hp) yang tertera pada paket.

Berdasarkan informasi itu, kemudian pada Senin, 18 Oktober 2021 sekitar Pukul 13.00 Wita anggota Satresnarkoba Polres Buleleng melakukan penyelidikan dan control delivery terhadap paket tersebut dengan cara berkoordiansi dengan satu jasa pengiriman barang yang ada di Singaraja.

Selanjutnya pada Pukul 13.45 Wita dilakukan pembuntutan terhadap kurir yang mengirim paket mengarah ke jalan Laviana Banjar Dinas Banyualit, Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, dan yang bersangkutan berhenti disebuah rumah.

Setelah paket diserahkan oleh kurir dan diterima pemilik kemudian terhadap penerima paket  langsung diamankan. Dan dari hasil penggeladahan dirumah penerima paket ditemukan satu paket warna hitam, setelah dibuka berisi 3 palstik klip bening yang didalamnya berisi tembakau diduga tembakau sintesis (tembakau gorilla) dengan berat Kode A 5,37 gram brutto (5,00 gram netto), Kode B 5,31 gram brutto (4,94 gram netto), Kode C 3,32 gram brutto (2,95 gram netto) dengan berat total 14 gram brutto (12,89 gram neto).

Pemilik paket diketahui bernama Made Jeki Swarimbawa Putrawan Alias Jeki, umur 25 tahun, dan dari hasil penggeledahan selain ditemukan paket tembakau juga diamankan 1 Hp merk Oppo warna hitam, 1 kotak besi merk Hello Kitty warna merah putih, 1 gulungan kertas rokok dan 1 bungkus tembakau merk Violin.

Dengan terungkapnya pelaku Made Jeki Swarimbawa Putrawan Alias Jeki kemudian satuan reserse Narkoba tetap mengembangkan informasi yang diterima terhadap pemesannya tembakau gorilla melalui media social dan dikirimkan dengan menggunakan jasa pengiriman barang.

Baca Juga :
Ny. Antari Jaya Negara Terus Gencarkan Vaksinasi Home Visit, Vaksin Dosis II di Denut dan Denbar, Sasar Disabilitas Dan Lansia

Dan pada Selasa, 19 Oktober 2021 Pukul 10.30 Wita mengamankan seseorang bernama Panji Setiawan alias Panji (23) beralamat Perum Geriya Permai Pemaron Buleleng saat sedang mengambil paket di kantor jasa pengiriman barang yang ada di Jalan Gajah Mada, Singaraja.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap paket yang diambil tersebut, didalamnya berisi 1 unit pengharum ruangan merk Stella yang didalamnya terdapat 2 paket plastic klip berisi tembakau yang diduga mengandung narkotika sintesis dengan berat masing-masing Kode A 5,02 gram brutto (4,43 gram netto) dan Kode B 5,02 gram brutto (4,43 gram netto) dengan berat total 10,04 gram brutto (8,86 gram netto).

Menurut keterangan dari Panji Setiawan alias Panji dikatakan barang yang diambil disalah satu jasa pengiriman tersebut adalah milik bersama dengan Kadek Wisnu Surya Putra alias Wisnu yang kemudian bersama-sama dengan Panji Setiawan alias Panji mendatangi rumah Kadek Wisnu Surya Putra alias Wisnu (24) beralamat Perumahan Taman Wira Sambangan Blok Gadung I Nomor 4 Dusun Bangah Desa Panji Sukasada,  setelah diketemukan dan dilakukan interview bahwa paket yag diambil Panji Setiawan alias Panji tersebut adalah milik berdua yang dibeli secara patungan.

“Terhadap para tersangka diduga melakukan tindak pidana tanpa hak melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman jenis tembakau sintesis/tembakau gorilla, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 112 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.” KBO Iptu Choiril seijin Kapolres Buleleng.

 

Sumber : Gus Sadarsana

Leave a Comment

Your email address will not be published.