Wujudkan Kota Layak Anak, PUSPAGA Sosialisasikan Pemenuhan Hak Anak Di Desa Dauh Puri Klod

Balinetizen.com, Denpasar

Pemerintah Kota Denpasar untuk menjadi Kota yang Layak Anak, berbagai upaya dilakukan untuk memenuhi hak-hak anak dan mengupayakan perlindungan bagi anak-anak di Kota Denpasar. Salah satunya dengan menggandeng Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Dharma Negara Kota Denpasar. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Denpasar, I Gusti Agung Sri Wetrawati,yang didampingi Plt. Sekretaris DP3AP2KB Kota Denpasar Tresna Yasa,  Senin, (1/11) di Denpasar.

Lebih lanjut Sri Wetrawati, menambahkan sosialisasi pemenuhan hak anak terus digencarkan Pemerintah Kota Denpasar, dengan melibatkan Puspaga Dharma Negara Kota Denpasar dan  UPTD PPA Kota Denpasar.  Dengan keterlibatan Puspaga Dharma Negara Kota Denpasar dan  UPTD PPA terwujudnya Denpasar sebagai kota layak anak dapat terwujud melalui terbentuknya desa/kelurahan layak anak.

“Keterlibatan semua komponen termasuku Puspaga Dharma Negara Kota Denpasar dan  UPTD PPA sangat kami butuhkan untuk mewujudkan Denpasar Kota Layak Anak,” ujarnya.

Sementara Putu Sonia Insani Sudarmintawan dari Puspaga Dharma Negara Kota Denpasar menyampaikan materi Pemenuhan Hak Anak dengan topik Pola Asuh Anak dimasa Pandemi Covid-19. Dalam kesempatan tersebut Sonia menambahkan dalam materi tersebut menyampaikan bagaimana mewujudkan desa layak anak. Hal ini untuk mendukung mewujudkan kota layak anak.

Sementara Perbekel Desa Dauh Puri Klod Nengah Suartha, menyampaikan dalam pemenuhan hak anak telah dilaksanakan desa dauh puri klod. Untuk itu pihaknya berupaya melakukan pemenuhan hak anak dengan melibat Puspaga Dharma Negara Kota Denpasar dan  UPTD PPA Kota Denpasar. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini para orang tua lebih memahami tentan pemenuhan hak-hak anak.

Selain sosialisasi menurut Suartha sebagai komitmen mewujudkan Desa Layak Anak pihaknya telah memfasilitasi kegiatan bermain dan berekreasi untuk anak-anak melalui kegiatan Outbond Forum Anak Desa Dauh Puri Klod dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :
Pemkot Denpasar Uji Coba Pelaksanaan Car Free Day di Kawasan Lapangan Niti Mandala dan Lumintang Denpasar

Kegiatan dikemas dengan metode bermain dan belajar. Mulai dari pemberian materi edukasi dari PUSPAGA Dharma Negara Kota Denpsar mengenai Pemenuhan Hak Anak dan dari UPTD PPA Kota Denpasar mengenai Perlindungan Anak. Setelah itu anak diajak untuk melalukan kegiatan outdor yang dapat melatih anak-anak untuk bekerjasama dan kreatifitas melalui permainan.

Anak-anak yang menjadi peserta merasa kegiatan ini menjadi sarana yang menyenangkan ditengah keterbatasan bermain dan berekreasi akibat Pandemi Covid-19 yang anak-anak alami sejak tahun 2020.(RED-BN)

Leave a Comment

Your email address will not be published.