Sekda Badung Adi Arnawa Pimpin Apel Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021

Sekda Badung Wayan Adi Arnawa bertindak selaku Inspektur saat Apel Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Puspem Badung, Rabu (10/11

Balinetizen.com, Mangupura

Bertepatan dengan Hari Raya Galungan, Apel Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 dilaksanakan di Lapangan Puspem Badung, Rabu (10/11). Sekda Badung Wayan Adi Arnawa bertindak selaku Inspektur upacara dalam peringatan yang mengusung tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’. Upacara peringatan Hari Pahlawan 2021 ini diikuti Ketua DPRD Badung Putu Parwata, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan OPD Pemkab Badung serta unsur TNI dan Polri.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam amanat yang dibacakan Sekda Badung Adi Arnawa mengingatkan kembali pentingnya semangat persatuan yang merupakan kunci keberhasilan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Ditambahkan oleh Mensos, negeri ini sempat mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali perlawanan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan.

Para pendiri bangsa kemudian menyadarinya bahwa semangat persatuan menjadi penentu dalam keberhasilan sebuah perjuangan. Cara yang ditempuh adalah dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air, inilah pelajaran berharga yang bisa kita petik. Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan. “Perbedaan yang ada jangan menjadi pemecah belah, namun harus semakin memperkaya dan memperkuat Bangsa Indonesia sebagaimana filosofi Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda-Beda Namun Tetap Satu Jua,” ucapnya.

Sekda Adi Arnawa juga mengatakan dengan peringatan Hari Pahlawan hari ini akan mengenang jasa- jasa para pahlawan yang telah gugur pada saat merebut kemerdekaan  dan kebebasan Republik Indonesia. Momentum hari pahlawan ini dijadikan inspirasi motivasi bagi generasi penerusnya melanjutkan cerita perjuangan para pahlawan untuk melanjutkan mengisi kemerdekaan ini. Sebagaimana diketahui bersama dengan kondisi Badung menghadapi pandemi Covid-19, ini mudah- mudahan dengan semangat pahlawan bisa untuk menghadapi menangani Covid-19 ini dengan maksimal, dengan cara mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan ini yang menjadi harapan bersama-sama bersamaan dengan momentum hari pahlawan ini. Pihaknya juga berharap hari Pahlawan yang bertepatan dengan hari raya Galungan yang merupakan hari suci agama Hindu yang mempunyai makna yang dimana kemenangan dharma melawan adharma. “Bagaimanapun juga kita masih dalam suasana Covid-19 agar untuk tidak merayakan terlalu berlebihan dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Kita dalam jangka pendek ini, bagaimana kita memastikan untuk penanganan Covid-19 karena ini menjadikan suatu garansi buat kita kedepannya untuk sektor pariwisata kita kedepannya,” imbuhnya. (RED-BN)

Baca Juga :
Jaksa Agung Instruksikan Jajaran Berantas Mafia Tanah Dan Pelabuhan

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.