Beli Online, Loka POM Buleleng Tegur Penjual Kosmetik Ilegal

Petugas Loka POM Buleleng secara mendadak, Senin (15/11/2021) mendatangi sebuah rumah sekaligus sebagai tempat menjual kosmetik di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana. 
Balinetzien.com, Jembrana-
Petugas Loka POM Buleleng secara mendadak, Senin (15/11/2021) mendatangi sebuah rumah sekaligus sebagai tempat menjual kosmetik di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana.
Sidak bersama Dinas Koperindag dan Kesehatan Jembrana, berhasil mengamankan ratusan bungkus kosmetik berbagai merk seperti krim pemutih dan bedak serta obat tradisional ilegal. Barang-barang tersebu diduga mengandung bahan atau zat berbahaya untuk kesehatan seperti mercuri
Pemilik rumah Dewi mengaku tidak tahu jika kosmetik dan obat tradisional yang dijual itu ilegal dan dilarang BPOM untuk dijual. Karena pada kemasannya terdapat tulisan aman dan ada tanda BPOM.
Usaha tersebut menurutnya sudah ia geluti hampir setahun. “Saya belinya lewat online. Saya tidak tahu kalau mengandung bahan berbahaya” ujarnya.
Sementara itu Koordinator Fungsi Penindakan Loka POM Buleleng Gusti Ketut Rahadi seizin Kepala Loka POM Buleleng mengatakan bahwa pihaknya mengamankan sebanyak 250 bungkus dari 33 merk kosmetik dan obat tradisional ilegal dari rumah tersebut.
“Kita amankan karena tidak memiliki izin edar dari BPOM. Kita amankan untuk selanjutnya dimusnahkan” terang Rahadi, Senin (15/11/2021).
Pihaknya sudah memberikan surat teguran kepada pemilik rumah yang juga selaku penjual. Dan mengingatkan untuk tidak lagi menjual barang atau produk kosmetik maupun obat tradisional ilegal. “Pengawasan.tetap kita lakukan. Kalau membandel kita tindak tegas sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku” pungkasnya.
Sumber : Komang Darmadi
Baca Juga :
Jadi Narasumber Webinar Nasional, Gubernur Koster Tegaskan Bali Terus Bersiap Menerima Wisatawan Domestik

Leave a Comment

Your email address will not be published.