Gubernur Koster Dukung Penuh penyelenggaraan KTT G20 di Bali

Balinetizen.com, Denpasar

Gubernur Bali, Wayan Koster berkomitmen mendukung penuh penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di Pulau Dewata. Pesan tersebut disampaikannya secara langsung dihadapan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya saat melaksanakan Rapat Persiapan Showcase Mangrove sekaligus meninjau lokasi mangrove untuk G20 di Hotel Merusaka, Nusa Dua pada Sabtu (Saniscara Pon, Dungulan), 13 November 2021.

Untuk mematangkan persiapan KTT G20, Gubernur Bali juga berkomitmen mendukung penataan kawasan Mangrove yang akan dijadikan Showcase oleh pemimpin dunia yang hadir. Pada rapat tersebut, Gubernur Koster yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini menyampaikan pesan Bapak Presiden RI Joko Widodo, bahwa untuk 1.000 hektar lebih hutan mangrove di Benoa akan kita tata dengan baik. “Terutama pada tempat penyemaian mangrove yang jadi konsen Bapak Presiden, ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur Koster menyampaikan sudah membentuk tim yang akan bergerak guna menyusun penataan kawasan mangrove beserta pendukungnya. Khusus untuk penataan mangrove ini, Kita sudah menugaskan tim yang selalu melaporkan perkembangan kepada Ibu Dirjen (Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, red) untuk diselesaikan secepatnya, jelas Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini seraya mengatakan kebetulan pula Kami sudah mengeluarkan kebijakan untuk perlindungan tanaman endemik termasuk mangrove sebagai bagian dari pembangunan Bali agar harmoni terhadap lingkungannya yang sejalan dengan amanat Peraturan Gubernur Bali Nomor 29 Tahun 2020 tentang Pelestarian Tanaman Lokal Bali Sebagai Taman Gumi Banten, Puspa Dewata, Usada dan Penghijauan.

Selain mendukung penuh penataan hutan mangrove, Gubernur jebolan ITB Bandung ini juga menyebutkan akan menjadikan program energi bersih yang sedang digeber Pemprov Bali sebagai show case sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. (RED-BN)

Baca Juga :
Walikota Rai Mantra Tinjau Pelaksanaan UN Tingkat SMP di Kota Denpasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.