Ketua Dewan Supriatna Motivasi Petani Maksimalkan Produksi Memanfaatkan Alat Dan Mesin Pertanian

Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna,SH didampingi anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan I Dewa Gede Sugiharto saat melakukan kegiatan sosialisasi dalam Parumah Subak Uma Panji, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

 

Balinetizen.com, Buleleng-

Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna,SH didampingi anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan I Dewa Gede Sugiharto saat melakukan kegiatan ‘Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Alat dan Mesin Pertanian Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian’ memotivasi para petani untuk memaksimalkan produksi dengàn memanfaatkan alat dan mesin pertanian.

Tampak hadir dalam kegiatan sosialisasi yang digelar dalam Parumah Subak Uma Panji, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, diantaranya Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng I Gede Putra Adnyana, S.Sos., MAP., Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si, Camat Buleleng I Nyoman Riang Pustaka, S.IP, Penyuluh Pertanian, Perwakilan Kelian Adat Desa Baktiseraga, Kelihan Subak Uma Panji, serta anggota subak Uma Panji.

Supriatna menegaskan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya di bidang pertanian yang secara tidak langsung mendorong para petani harus beradaptasi dengan mulai menggunakan alat dan mesin pertanian (alsintan).

“Memanfaatkan dengan baik Alsintan ini, sudah barang tentu nantinya dapat mendorong produktivitas dan efisiensi dalam bertani. Sehingga memperoleh hasil yang maksimal.” jelasnya

Terkait program-program dari dinas terkait maupun dari pemerintah pusat, dalam rangka meningkatkan produksi pertanian dengan memanfaatkan Alsintan, kata Supriatna pihaknya akan tetap mengkoordinasikan dan memfasilitasinya.

“Sosialisasi ini dilakukan di subak-subak lainnya, agar dapat mengakses program-program tersebut. Sehingga para petani dapat memperoleh bantuan baik berupa Alat dan Mesin pertanian, bibit, maupun subsidi pupuk. Namun demikian Saya menghimbau kepada para petani anggota subak maupun instansi terkait, agar tetap pro aktif dalam mengajukan program-program.” tandasnya.

Hal senada dengan Ketua Dewan Supriatna juga disampaikan anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Dewa Gede Sugiharto. Menurutnya betapa pentingnya alat dan mesin pertanian ini. Selain dapat meningkatkan hasil produksi menjadi lebih maksimal, juga dapat menekan biaya produksi. Harapannya dapat lebih meningkatkan pendapatan para petani, sehingga kedepannya nanti kehidupan para petani lebih sejahtera.

Baca Juga :
KUA Dan PPAS Badung Tahun 2021 Disepakati, Bupati Giri Prasta Apresiasi Masukan Dewan Untuk Penyempurnaan APBD Tahun 2021

“Kita meminta dan berharap kepada para petani agar mulai beralih menggunakan pupuk organik. Sehingga kesehatan tanah bisa terjaga dan hasil panen tetap maksimal. Terkait dengan pasca panen diharapkan juga kedepannya para anggota subak dapat membentuk suatu koperasi subak yang nantinya dapat berkoordinasi dengan dinas terkait, agar dapat menyerap hasil panen dan harganya bisa tetap stabil.” pungkasnya.

 

Pewarta : Gus Sadarsana

Leave a Comment

Your email address will not be published.