Pasca Erupsi Gunung Semeru, Grace Anastasia: “Waspadai Bencana Alam di Bali Akibat Hujan”

Foto: Grace Anastasia Surya Widjaja, SE., anggota Komisi II DPRD Provinsi Bali, sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua DPW PSI Provinsi Bali (kiri) saat meninjau lokasi banjir di Denpasar.

Balinetizen.com, Denpasar

Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur, menurut ahli vulkanologi disebabkan oleh gundukan atau kubah lava yang gugur akibat hujan (kompas.com, 05/12/2021), menjadi sebuah catatan penting bagi pemerintah Provinsi Bali, untuk mengantisipasi potensi bencana di wilayah Provinsi Bali, yang diakibatkan oleh adanya peningkatan curah hujan.

“Pemerintah Provinsi Bali, agar melakukan koordinasi yang intensif dengan pemerintah kabupaten/kota dan pihak terkait, untuk mengantisipasi potensi bencana di musim penghujan ini”, ucap Grace Anastasia Surya Widjaja, SE.

Himbauan ini disampaikan, mengingat kondisi geografis wilayah Provinsi Bali, banyak terdapat pegunungan dan perbukitan, dimana diwilayah tersebut sangat rentan terjadinya tanah longsor, selain terjadinya banjir di wilayah pemukiman.

Sebagai satu kesatuan pemerintahan di daerah, lanjut Grace, peranan pemerintah provinsi dalam melakukan koordinasi dan perbantuan terhadap upaya pencegahan, tanggap darurat dan rehabilitasi kebencanaan, menjadi hal yang sangat mendesak untuk dilakukan.

“Koordinasi intensif antara pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, serta lembaga terkait, merupakan salah satu upaya antisipasi kebencanaan, yang diharapkan dapat memperkecil resiko akibat terjadinya bencana di wilayah Provinsi Bali”, harap Grace.

Di sisi lain, khusus berkaitan dengan keberadaan wilayah Kota Denpasar yang padat penduduk. Dimasa penghujan seperti saat ini, tentu sangat rentan dengan bencana banjir. Grace sangat berharap, aparatur pemerintah Kota Denpasar, untuk hadir di titik-titik lokasi banjir yang ada.

Jika tidak dimungkinkan untuk melakukan upaya penanggulangan pada saat sekarang, minimal pemerintah daerah dapat mengamati sumber terjadinya banjir dan langkah penanggulangan yang harus dilakukan, agar banjir tidak terjadi lagi di musim penghujan di tahun mendatang.

Baca Juga :
Gubernur Wayan Koster, Kapolda Bali, Danrem 163/Wira Satya, dan Bendesa Agung MDA Provinsi Bali Menandatangani Nota Kesepakatan Bersama Pelaksanaan Sipandu Beradat

“Kerja nyata pemerintah daerah, jangan hanya ditunjukkan dengan pencapaian disektor administrasi belaka, namun masyarakat sangat menunggu langkah nyata pemerintah daerah, dalam melindungi masyarakatnya dari bencana yang sangat besar kemungkinannya terjadi di musim hujan saat ini”, harap Grace, yang juga sebagai anggota Komisi II DPRD Provinsi Bali, sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Bali. (dan)

Leave a Comment

Your email address will not be published.