Tidak Kantongi Izin, Satpol PP Segel Krematorium YPUH Di Kampung Baru

 

Balinetizen.com, Buleleng

Surat Desa Adat Buleleng yang dilayangkan ke Bupati Buleleng terkait lokasi pembakaran mayat (krematorium) di Kelurahan Kampung Baru, Singaraja, yang disebutkan tidak sesuai dengan konsep Tri Mandala dan awig-awig Desa Adat Buleleng.

Hal ini mendapat respon berupa, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Buleleng dengan sigap melakukan penyegelan terhadap tempat pembakaran mayat milik Yayasan Pengayom Umat Hindu (YPUH) Buleleng tersebut, pada Jumat, 14 Januari 2022.

“Tindakan yang dilakukan Satpol PP untuk melakukan penyegelan terhadap keberadaan pembakaran mayat di Kelurahan Kampung Baru, sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Artinya segala kegiatan tanpa izin akan di segel. Apalagi keberadaannya itu juga sempat mengalami penolakan dari Aliansi Masyarakat Buleleng (AMB),” ucap tegas Plt. Kasatpol PP Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suadnyana,SH

Diungkapkan, sebelum dilakukan penyegelan oleh Satpol PP, terlebih dahulu pengurus dan pendiri YPUH didampingi dengan ahli hukumnya melakukan mediasi dengan Satpol PP. Dari hasil mediasi itu, menemuka suatu kata kesepakatan, dimana pihak YPUH menerima penyegelan tersebut.

“Satpol PP melakukan penyegelan, khusus pada krematoriumnya saja dan bukan yayasannya. Setelah dilakukan penyegelan, kita harapkan pengurus yayasan agar segera mengurus izin. Dan ketika izin sudah keluar, pihak YPUH bisa beroperasi kembali.” pungkas Suadnyana.

Sementara itu, Ketua YPUH, Jro Mangku Nyoman Sedana Wijaya mempertanyakan penyegelan yang dilakukan Pemkab Buleleng. Karena menurutnya, ada tempat kremasi lain di Buleleng yang bermasalah justru diremiskan. Namun demikian, pihaknya akan segera mengurus surat izin.

“Saat ini, YPUH sendiri tidak melakukan pemindahan tempat kremasi usai dilakukan penyegelan. Yang akan difokuskan adalah mengurus segala izin yang diperlukan, agar bisa tetap melayani umat atau masyarakat.” tutupnya. GS

Baca Juga :
Kurangi Pemakaian Tas Plastik, Bupati Suwirta Bersama Koppas Srinadi Bagikan Tas Belanja

Leave a Comment

Your email address will not be published.