Ketua DPRD Badung Putu Parwata Terima Audiensi Prajuru dan Pengemong Pura Dalem Tarukan Sibanggede

Keterangan foto: Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi Nyoman Gede Wiradana menerima audiensi prajuru dan pengemong Pura Dalem Tarukan Banjar Bantas Kelod, Desa Sibanggede, Senin (24/1/2022)/BN

(Balinetizen.com) Mangupura –

Ketua DPRD Badung, Dr. Drs. Putu Parwata MK, M.M. menerima audiensi dari Prajuru dan Pengemong Pura Dalem Tarukan, Banjar Bantas Kelod, Desa Sibanggede, Abiansemal, Senin (24/1) di ruang Ketua Dewan Badung. Para prajuru juga didampingi anggota DPRD Badung asal Sibanggede, Nyoman Gede Wiradana.

Nyoman Gede Wiradana usai audiensi mengatakan, tujuan audiensi yakni meminta saran kepada Ketua DPRD Badung terkait rencana upacara yadnya yang akan digelar Pengemong Pura Dalem Tarukan pada Purnama tanggal 13 Juli 2022 mendatang. Namun, jika meminta bantuan dana ke pemerintah, upacara tersebut dianggap terlalu mepet lantaran pada bulan Juli baru masuk dalam pembahasan APBD Perubahan 2022.

“Kalau kita melakukan usulan, itu kan baru dibahas di Juli. Sedangkan upacaranya bulan Juli. Itukan berkenaan dengan regulasi. Untuk itu kita minta saran ke Ketua DPRD baiknya seperti apa,” jelasnya.

Sementara, Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata mengatakan, adat, agama, dan budaya adalah salah satu program prioritas dalam visi misi Kabupaten Badung. Sebagai wakil rakyat pihaknya harus berusaha memfasilitasi masyarakat yang ingin melaksanakan yadnya. “Jadi saya menerima beberapa masyarakat yang ingin melaksanakan adat, agama dan budaya. Yadnya yang akan dibangun masyarakat, maka dari itu kita akan berusaha memfasilitasi,” katanya.

Namun, dalam memfasilitasi kegiatan yadnya tersebut, kata Parwata, ada beberapa kendala, lantaran keuangan Kabupaten Badung yang belum stabil dan terbatas. Jadi kegiatan harus bisa diatur. “Kita atur kegiatannya, yang mana akan dilakukan misal mendem pedagingan, mapetik, metatah, sehingga keuangan dari yadnya juga bisa diatur. Kita berikan saran itu sehingga pemerintah tetap hadir namun diatur sesuai kemampuan,” jelasnya. RED-BN

Baca Juga :
Jenazah Prof Azyumardi dimakamkan di TMP Kalibata Selasa

Leave a Comment

Your email address will not be published.