Aksi Bersih-bersih Pantai Ketewel, FIAN Bali Turut Serta Dalam HPSN 2022

 

Balinetizen.com, Gianyar

 

Sejumlah organisasi dan lembaga dan berbagai elemen masyarakat berjibaku dalam membersihkan sampah di Pantai Lembeng, Ketewel, Sukawati Gianyar. Para pegiat lingkungan hidup tersebut dengan sigap mengumpulkan sampah yang terdiri dari plastik keras, plastik lunak, logam, karet, dsb.

“Kepedulian masyarakat sangatlah dibutuhkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan perlu ditanamkan pola perubahan perilaku terhadap sampah yang akhirnya bermuara ke pantai dan bisa mencemari laut kita,” kata Esther Gehl, Ketua Forum Indonesia Anti Narkoba (FIAN) Provinsi Bali yang didampingi Pembina DPD FIAN Denpasar, Ketut Agus Mahardika saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Pantai Lembeng, Ketewel, Sukawati Gianyar-Bali, Minggu (20/2/2022).

Menurutnya, peranserta semua komponen masyarakat menjadi sangat strategis dalam upaya mencegah pencemaran laut Bali.

Organisasi dan elemen masyarakat yang mengikuti HPSN 2022 yang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar ini diantaranya adalah, FIAN, TemanPARTA, BERSIH BERSIH BALI, PPIO, Univ NGURAHRAI, CUT, TOL TOL, ASTINA, MEGALOMAN, TRASH WARRIOR, KEDAS dll

Sejarah asal mula HPSN yang diperingati setiap 21 Februari adalah bermula dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang mencanangkan untuk pertama kalinya, untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005. Karena pada tanggal 21 Februari 2005 terjadi peristiwa Leuwigajah, Jawa Barat di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Desa Cilimus dan Desa Pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah. Tragedi Leuwigajah memicu lahirnya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.

Baca Juga :
Berdayakan IKM dan Cegah Covid-19, Badung Bagikan Masker Serentak Untuk Masyarakat

“Bersama dengan Ketua organisasi Bersih-bersih Bali, Gus Norma kami memberikan apresiasi dengan diberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan positif HPSN 2022 ini,” pungkas Esther Gehl. (hd)

Leave a Comment

Your email address will not be published.