Nyiraman Layon Penglingsir dan Ida Pemade Anglurah Puri Kerambitan A.A. Ngurah Oka Silagunadha Dilaksanakan 1-3 April 2022

 

Balinetizen.com, Tabanan-

 

Panglingsir Puri Anyar Kerambitan, Desa Baturiti, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Anak Agung Ngurah Oka Silagunadha, 92, meningggal dunia.

Mantan Kepala Protokol Pemprov Bali ini berpulang untuk selama-lamanya pada Senin (7/3), sekitar pukul 10.30 Wita di Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Unud, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan.

Kini, sameton (keluarga) puri setempat tengah mempersiapkan palebon untuk almarhum, Soma Kliwon Landep, Senin (4/4). Saat ini, jenazah almarhum disemayamkan di Puri Anyar Kerambitan Putra kedua almarhum, Anak Agung Ngurah Agung Bagus Erawan menyatakan sangat kehilangan atas kepergian ayahnda untuk selama-lamanya. Dia menyebut ayahanda, tokoh budaya, pencipta Tari Tektekan yang dikolaborasikan dengan Calonarang.

Tari Tektekan dikenal sebagai salah satu kesenian khas yang kerap dipentaskan untuk pariwisata di Tabanan, terutama di Puri Anyar Kerambitan.

“Biasanya tari ini dipentaskan saat wisatawan makan malam,” terang Gung Bagus Erawan,” tuturnya, Minggu (15/3/2022).

Diinformasikan juga Serangkaian Upacara Pelebon dilaksanakan pada :
Jumat tgl 1 April : Nyiraman Layon.
Minggu tgl 3 April : Pengaskaran.
Senin tgl 4 April : Puncak Upacara Pelebon.
Lokasi Upacara : Puri Anyar Kerambitan Tabanan.

Semoga Sang Swargi Amor Ing Acintya. Om Santhi Santhi Santhi Om.

 

Pewarta : Hidayat

Baca Juga :
Mangku Pastika : Hindari Umat Hindu Pindah ke Agama Lain, Jangan bikin Ritual yang Ribet

Leave a Comment

Your email address will not be published.