Yayasan Berani Jaga Bumi dan Plasticpay Gelar ‘Solo Ride Bali-Jakarta’, Aksi dan Edukasi Kumpulkan Botol Plastik Jadi Uang

 

Balinetizen.com, Mangupura-

 

Untuk mendukung rangkaian Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang mengusung tema ‘Go Green’ PT Plasticpay Teknologi Daurulang yang merupakan sebuah perusahaan platform digital berbasis sosial digital bersama organisasi pegiat lingkungan hidup Berani Jaga Bumi Foundation akan melakukan diseminasi informasi serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM) di tempat-tempat umum seperti mall dan minimarket.

Sebagai wujud edukasi tersebut maka dilakukanlah ‘Solo Ride Touring’ yang menempuh perjalanan dari Bali ke Jakarta sejauh 1,179.4 km dengan mengendarai sepeda motor merk Royal Einfield sendirian.

“Start akan dilepas oleh Ketua IMI Bali, Ajik Krisna dan dilakukan dari Jimbaran Hub, Bali dengan membawa botol-botol plastik yang akan dimasukan ke mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM) yang berada di area Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIEXPO Kemayoran Jakarta,” kata Yudhy Ervin Tiara, Founder Yayasan Berani Jaga Bumi yang juga sebagai pelaku ‘Bali-Jakarta Solo Ride Touring’, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari kontribusi sosial dalam tindakan berkelanjutan dengan menggerakkan ekonomi sirkular bersama-sama melalui Konsep Eco Green.

SOLO RIDE GOES TO IIMS HYBRID 2022, Impactfull Sustainable Movement ini didukung oleh Le Minerale, Berani Jaga Bumi Foundation, Jimbaran Hub, PlasticPay, Asosiasi Daur Ulang Plastik (ADUPI), ROYAL Einfield, Pabrikan motor asal buatan India dan Stars Model Look.

“Juga untuk mengajak dan merangkul semua pihak untuk peduli terhadap lingkungan mulai dari lingkup terkecil yaitu diri sendiri dan rumah tangga kita. Kita bisa mulai menerapkan gaya hidup minim sampah, memilah sampah dari rumah, serta menukarkan sampah botol plastik melalui fasilitas yang kami sediakan sehingga bisa menghasilkan uang,” tutur Yudhy.

Baca Juga :
Desa Dauh Puri Kauh Lakukan Sosialisasi Pergub dan Perwali Protokol Kesehatan

Sampah plastik yang terkumpul akan ditukarkan menjadi Plasticpay Poin melalui aplikasi Plasticpay, yang nantinya dapat dikonversikan menjadi uang elektronik seperti DANA, OVO, Gopay, LinkAja, dan INACASH. kemudian Plasticpay akan mendaur ulang lalu mengubahnya menjadi butiran, Recycled Polyester Staple Fiber (“Re-PSF”), benang dan kain. Hasilnya adalah Eco-friendly fiber dan kain daur ulang yang memenuhi semua standar kualitas tinggi yang dapat digunakan untuk bantal, boneka, tempat tidur, karpet, furniture, interior otomotif dan produk non-woven/ woven.

Ketua IMI Provinsi Bali, Gusti Ngurah Anom atau Ajik Krisna memberikan apresiasi terhadap aksi sosial bertemakan upaya penyelamatan lingkungan hidup yang dilakukan founder Yayasan Berani Jaga Bumi, Yudhy Ervin Tiara yang melakukan ‘SOLO Ride’ dengan menunggangi motor Himalayan Royal Enfield membawa sebagian botol plastik untuk dibawa ke mesin penukaran botol plastik menjadi saldo poin E-Money yang ada di area Pameran Internasional Indonesia Motor Show 2022 (IIMS2022) di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta.

“Kami mendoakan semoga beliau selamat membawa misinya membawa botol sampah plastik dari Bali sampai ke tujuan di area Pameran IIMS 2022 di Jakarta,” tutur Ajik.

Hadir dalam pelepasan bendera start tersebut, Pembina Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali, Jos Darmawan dan Pengelola Jimbaran Hub, Augyawati Joe serta Lenny Hartono, Desainer busana daur ulang yang juga founder STARS Model LOOK dan Komunitas Penggemar motor Royal Enfield (Royal Riders Indonesia/RORI).

“Kami mendorong langkah dan aksi nyata upaya penyelamatan lingkungan yang dilakukan Berani Jaga Bumi untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah botol plastik karena nantinya bisa ditukar dengan sejumlah saldo di E-Money,” pungkas Lenny Hartono.

 

Pewarta : Hidayat

Baca Juga :
Jaya Negara Hadiri Upacara Pemelaspasan, Ngingsah dan Mecaru Panca Kelud di Pura Dalem Sakenan Serangan

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.