DPRD Jembrana Hentikan Pengerukan Pasir Laut Pantai Medewi dan Panggil Perbekel

 

Balinetizen.com, Jembrana

Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi bersama Ketua Komisi I, Ida Bagus Susrama dan Ketua Komisi III, Dewa Putu Merta Yasa, Kamis (14/4/2022) melakukan sidak ke kawasan sungai dan pantai Medewi di Kecamatan Pekutatan.

Diduga menyalahi Amdal (Analisis Dampak Lingkungan), pengerukan tanah dan pasir laut di bekas proyek senderan BWS kemudian dihentikan sementara.

Sidak Ketua dan Ketua Komisi I serta Ketua Komisi III DPRD Jembrana mendapati aktivitas pengerukan tanah dan pasir laut menggunakan alat berat sedang berlangsung. Sidak menindaklanjuti laporan masyarakat.

Nonon, pengawas proyek dan Nasirun sopir alat berat mengaku tidak tahu dan hanya menjalankan tugas dari Suryanto, perpanjangan tangan dari pemilik tanah Bambang Suryadi asal Jakarta.

Dari keterangan Suryanto kata Nonon, kegiatan tersebut sudah mendapat persetujuan dari Perbekel (Kepala Desa) Pulukan dan Perbekel Desa Medewi.

Perbekel Pulukan dalam surat keterangan disebutkan bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan penataan tempat melasti. Sedangkan surat Perbekel Medewi menyebutkan bahwa kegiatan itu dalam rangka penataan lokasi.

Mendapati hal itu, Ketua Komisi I DPRD Jembrana Ida Bagus Susrama mengatakan bahwa pihak desa melalui suratnya cukup mengatur tentang aset kepemilikan desa. Dan jika sudah menyangkut tanah kepemilikan yang berbatasan langsung dengan sungai dan pantai harus mematuhi peraturan perundang-undangan.

Disebutnya untuk sepadan pantai aturannya 100 meter dari air laut pasang tertinggi. Dan untuk sungai sempadan sungai 10 meter untuk yang tidak ada tanggul dan 3 meter untuk yang ada tanggul.

“Jadi penataan ini harus mematuhi aturan sempadan tersebut. Kenapa? agar tidak terjadi abrasi di kemudian hari” tandas Susrama, membidangi Peraturan dan Perundang-undangan.

Terkait permasalahan tersebut dewan berencana memanggil Perbekel Desa Pulukan dan Perbekel Desa Medewi serta pihak terkait guna menemukan titik temu. (Komang Tole)

Baca Juga :
Dapur Rumjab Bupati Jembrana Nyaris Terbakar

Leave a Comment

Your email address will not be published.