Pemuda Asal Karangasem Wakili Bali di Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Tahun 2022

 

Balinetizen.com, Denpasar

Tahun ini Provinsi Bali akan mengirimkan satu perwakilan terpilih untuk program Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN). Bertempat di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Minggu (30/4) pekan silam telah terlaksana seleksi Final Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2022.

I Dewa Kadek Buda Prayuda, pemuda 24 tahun asal Karangasem, terpilih sebagai kandidat utama yang akan mewakili Provinsi Bali dalam program Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP). Mengingat situasi masih dalam masa pandemi, PPAN tahun 2022 akan berjalan secara daring (online) seperti tahun sebelumnya.

“Sampai saat ini, informasi yang kami terima Program masih berjalan secara daring dimana Tahun ini Provinsi Bali mendapatkan 1 Kuota Laki-Laki untuk Program IKYEP tahun 2022, berbeda dengan tahun lalu dimana Provinsi Bali mendapatkan 2 kuota Program, 1 Laki-Laki untuk AIYEP (Australia Indonesia Youth Exchange Program) dan 1 Perempuan untuk SIYLEP (Singapore-Indonesia Youth Leaders Exchange Programme).” ungkap I Gusti Ngurah Teja Tri Wahyudi, selaku Ketua Panitia seleksi PPAN tahun 2022 Provinsi Bali sekaligus Delegasi Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) tahun 2021, Sabtu (14/5/2022).

Seleksi Administrasi menjadi langkah awal terpilihnya 5 Finalis Terbaik yang mengikuti tahap seleksi Final dimana terdapat beberapa sesi untuk menentukan Kandidat Utama, yakni Sesi Wawancara, Forum Group Discussion (FGD), dan Deep Interview.

“Mengingat Program tahun 2021 sukses dilaksanakan secara daring, dan kembali dilaksanakan secara daring pada tahun ini, harapannya agar delegasi terpilih/kandidat utama dapat melaksanakan program dengan baik, lancar tanpa adanya suatu hambatan apapun, dapat menjaga nama baik dan mengharumkan Provinsi Bali, serta dapat memperkenalkan budaya Bali kepada delegasi Indonesia lainnya maupun delegasi Korea pada saat Program berlangsung” ungkap Cokorda Agung Pramanayogi, selaku Ketua PCMI Bali periode 2020-2023 sekaligus Alumni Ship for South East Asian Youth Program (SSEAYP) 2012.

Baca Juga :
Sekda Badung Pimpin Rapat Pembentukan Tim Pengukuran IPKD di Kabupaten Badung

Jika tidak ada perubahan, Program IKYEP 2022 akan dilaksanakan bulan Juli mendatang. Nantinya, I Dewa Kadek Buda Prayuda sebagai delegasi terpilih akan menjalankan Program yang telah disiapkan dengan durasi 1-2 minggu secara daring bertempat di Jakarta, serangkaian dengan agenda Pre-Departure Training dengan tanpa mengurangi makna atau esensi dari program pertukaran itu sendiri.

I Gusti Ayu Evita Trisnarini yang merupakan delegasi Singapore-Indonesia Youth Leaders Exchange Programme (SIYLEP) 2021 mengungkapkan setelah mengikuti PPAN SIYLEP secara daring, Evita tetap merasakan esensi program dan ikatan kekeluargaan antar delegasi yang begitu kuat.

Evita juga mendapatkan kesempatan bertemu dengan pemuda-pemudi yang begitu menginspirasi untuk dapat terus mengembangkan potensi dirinya. Dalam SIYLEP 2021, terdapat tema program yaitu tentang Climate Change (Perubahan Iklim) yang begitu meningkatkan kesadaran (awareness) para delegasi sebagai generasi muda untuk lebih peduli terhadap permasalahan lingkungan serta menjadi wadah bagi seluruh delegasi untuk saling bertukar fikiran, menganalisis permasalahan dan tantangan yang dihadapi dari masing-masing daerah asal, mempelajari inovasi-inovasi baru kemudian secara bersama-sama mencari solusi untuk menciptakan perubahan dan memberikan kontribusi positif.

PPAN itu sendiri merupakan program tahunan hasil kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dengan negara-negara sahabat yang telah dilaksanakan sejak tahun 1973 sekaligus sebagai salah satu program pemerintah dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan serta mempersiapkan kita dalam menghadapi tantangan global di masa mendatang. Program ini dilaksanakan melalui Pemerintah Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan mengirimkan duta muda terbaik Indonesia di berbagai program pertukaran.

Setelah menyelesaikan program, para alumni akan tergabung dalam sebuah organisasi alumni yang bernama Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI). Masing-masing provinsi di Indonesia memiliki organisasi tersebut dan dinaungi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi. (hd)

Baca Juga :
Ny Putri Koster Optimistis Bali Mampu Wujudkan 'Medical Tourism'

Leave a Comment

Your email address will not be published.