Disnaker Buleleng Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buleleng mengadakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), Rabu, (18/5/2022).

 

Balinetizen.com, Buleleng-

Ketenagakerjaan merupakan modal serius yang harus ditangani untuk mampu mengurangi tingkat pengangguran yang semakin meningkat. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buleleng mengadakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Pelatihan yang diselenggarakan di Aula UPTD. BLK Kabupaten Buleleng, pada Rabu, (18/5/2022), bertujuan untuk mengisi peluang kerja, dan melalui pelatihan kerja serta mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng, Komang Sumertajaya menyampaikan, dilaksanakannya kegiatan ini, dilatarbelakangi karena tingkat angka pengangguran yang masih terlampau banyak dengan berbagai sebab. Salah satunya terkait dengan kondisi dimasa pandemi yang membuat sebagian besar tenaga kerja dirumahkan dari pekerjaan sebelumnya.

“Adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar, serta nantinya agar dapat membuka lapangan kerja baru yang efektif menurunkan tingkat penggangguran,” ucapnya.

Ditambahkan juga, kegiatan ini berlangsung sebanyak tiga gelombang dimana kegiatan pergelombang diadakan selama 35 hari, dan untuk hari ini diikuti oleh peserta gelombang kedua dimulai dari tanggal 19 Mei sampai dengan 13 Juli 2022.

“Pelatihan ini diikuti oleh 48 orang peserta dengan program pelatihan yang diikuti, yaitu Pemeliharaan dan Perbaikan AC Rumah Tangga, Menjahit Pakaian dengan Mesin, serta Service Sepeda Motor,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui ditempat yang sama, salah satu peserta pelatihan Kadek Yuda Wiryanata mengungkapkan, kebanggaannya mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Disnaker Buleleng ini merupakan suatu pengalaman yang dapat menambah wawasan dan meningkatkan kompetensinya terutama pada bidang Pemeliharaan dan Perbaikan AC Rumah Tangga yang diikutinya.

Selain itu, dirinya mengapresiasi serta berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng sudah menyelenggarakan pelatihan seperti ini. Dimana, nantinya dapat menurunkan tingkat pengangguran di Kabupaten Buleleng dan memberikan keterampilan khususnya pada industri.

Baca Juga :
Cegah Kredit Macet lewat Pendampingan dan Edukasi, Ketua DPRD Badung Putu Parwata Apresiasi LPD Desa Adat Munggu

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng karena menyelenggarakan pelatihan yang bermanfaat ini, sehingga dapat menambah wawasan dan keterampilan saya guna dapat diimpelementasikan di dunia industri,” pungkasnya.

 

Pewarta : Gus Sadarsana

Leave a Comment

Your email address will not be published.