Air Terjun Candi Kuning Silangjana Dengan Ketinggian 100 Meter, Banyak Dikunjungi Wisatawan

 

Balinetizen.com, Buleleng

Topografi Kabupaten Buleleng yang Nyegara Gunung diakui banyak memiliki obyek wisata yang indah untuk dipromosikan bagi wisatawan domestik maupun manca negara. Seperti misalnya, obyek wisata Air Terjun Candi Kuning yang terletak di Desa Silangjana, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

Untuk menuju ke air terjun Candi Kuning, para pengunjung dalam perjalanannya akan terlena dengan pemandangan yang indah, kendatipun nuansa indah itu belum populer, lantaran masih alami.

Perbekel Desa Silangjana Komang Suparma saat ditemui di lokasi air terjun pada Selasa, 17 Mei 2022 lalu mengatakan, Air Terjun Candi Kuning memiliki ketinggian 100 meter dengan akses jalan yang cukup memadai untuk dilalui. Daya tarik air terjun ini menjadikan banyak terdapat suport-suport untuk berfoto maupun untuk mandi sembari berenang.

“Kita di Pemerintah Desa (Pemdes) Silangjana bersama stakeholder terkait seperti BPD, LPM, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lila Dharma Kerti sepakat memprioritaskan pengembangan wisata Air Terjun Candi Kuning ini.” ujarnya

Dijelaskan juga bahwa pengembangan air terjun Candi Kuning, merupakan hasil swadaya gotong royong dari Pokdarwis Lila Dharma Kerti Desa Silangjana. Dimana dengan semangat luar biasa tanpa kenal lelah untuk mengembangkan destinasi wisata Air Terjun Candi Kuning ini,” jelas Mekel Suparma.

Iapun mengatakan di Tahun 2022 ini, pihaknya akan menganggarkan untuk pengembangan wisata Air Terjun Candi Kuning. Mulai dari fasilitas utama, berupa tempat parkir, ruang ganti, loker, toilet sampai dengan akses jalan menuju air terjun.

“Dikedepannya nanti, kita di Pemdes Silangjana bersama Pokdarwis akan mengembangkan destinasi wisata religi di Puncak Semara Geseng, serta memanfaatkan hamparan sawah yang indah untuk bisa dijadikan wisata tracking.” tandas Mekel Suparma

Baca Juga :
Sepi Job Akibat Pandemi, Fotografer Asal Tampaksiring ini Buat Obyek Wisata

Sementara itu, Putu Dedi Sanjaya selaku bendahara Pokdarwis Lila Dharma Kerti Desa Silangjana menjelaskan, Air Terjun Candi Kuning terdapat parkir yang memadai serta pemandangan yang indah bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung dengan melalui jalan setapak.

“Untuk lahan parkir sepeda motor, sementara di titipkan salah satu di rumah warga, dari sana sekitar 300 meter wisatawan jalan kaki menuju ke air terjun. Disamping itu, kita akan berencana membangun tempat selfi serta membuat wahana tubing sebagai wahana hiburan untuk anak-anak remaja,” ungkapnya.

Menurut pengamatannya, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara sudah berkunjung ke Air Terjun Candi Kuning. Terkait dengan tiket masuk ke Air Terjun Candi Kuning sifatnya masih donasi sukarela.

Ditambahkan juga, kedepannya Pokdarwis Lila Dharma Kerti Desa Silangjana berkomitmen akan tetap melestarikan dan menjaga alami dari air terjun itu. Tidak hanya itu, Pokdarwis Sila Dharma Kerti juga menyajikan kearifan lokal berupa “Tuak Manis” sebagai welcome drink dan untuk souvernirnya yakni gula aren. GS

Leave a Comment

Your email address will not be published.