Terus Gencarkan Aksi Sosial, TP PKK Kabupaten Tabanan Dukung Program TP PKK Provinsi Bali

TP PKK Tabanan saat menyambut rombongan TP PKK Provinsi Bali dalam kunjungan kerjanya ke Desa Perean Kecamatan Baturiti dan dilanjutkan ke Desa Tua, Marga Tabanan, Sabtu (21/5).

 

Balinetizen.com, Tabanan-

 Implementasi dukungan Program Unggulan TP PKK, termasuk di dalamnya yaitu aksi sosial yang diterapkan langsung di Masyarakat, diwujudkan oleh TP PKK Tabanan saat menyambut rombongan TP PKK Provinsi Bali dalam kunjungan kerjanya ke Desa Perean Kecamatan Baturiti dan dilanjutkan ke Desa Tua, Marga Tabanan, Sabtu (21/5). Hal ini menegaskan sinergitas TP PKK Tabanan terhadap Program TP PKK Provinsi yang berjalan sepanjang tahun 2022. 

 

Dengan disambut langsung oleh Ketua TP PKK Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya., SH, kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster di Wantilan Desa pagi itu sudah ditunggu oleh masyarakat setempat. Dengan didampingi oleh Kadis PMD Provinsi Bali, Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi, serta Kadis PMD Kabupaten Tabanan, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan Kabupaten Tabanan, Camat dan Perbekel Setempat, Aksi Sosial ini berjalan sesuai dengan program yang telah dirancang sebelumnya.

 

Mengangkat Tema “Menyapa dan Berbagi”, Program Aksi Sosial kali ini menyasar pada 100 orang kandidat penerima bantuan di 2 kecamatan yang berdekatan tersebut. Masing-masing 50 orang, yang terdiri dari 10 orang Lansia, 10 Orang Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK), 10 Orang Balita Gizi Buruk/Kurang, 10 Orang Penyandang Difabel dan 10 Orang Kader PKK yang kurang mampu di Kabupaten Tabanan. 

 

Adapapun bantuan yang diberikan secara simbolis saat itu terdiri dari 1 ton beras, 50 krat telur, 80 kotak susu untuk Balita dan 80 kotak susu untuk Ibu Hamil, Lansia dan penyandang Difabel. Kunjungan kerja ini sekaligus sebagai bentuk sentuhan dan perhatian langsung baik dari Pihak Provinsi maupun Pihak Kabupaten Tabanan, kepada masyarakat Tabanan. 

 

Di kesempatan itu, Ny. Putri Koster bersama dengan Ny. Rai Sanjaya juga berkesempatan untuk memberikan sosialisasi terkait permasalahan nasional yang sedang digencarkan penurunannya, termasuk di dalamnya ialah Stunting pada anak dan pengelolaan sampah berbasis sumber di Bali, khususnya Tabanan. 

 

“Stunting atau gagal tumbuh kembang secara fisik dan mental pada anak-anak, di usia emasnya itu sudah terlihat. Hal tersebut bisa bermula dari calon ibu, jadi perlu kita berikan perhatian pada ibu-ibu hamil agar tidak kekurangan energi kronis” Ungkap Ny. Putri Koster. Baginya langkah awal penanganan stunting bisa dilakukan dengan memperhatikan kesehatan ibu hamil melalui pemberian nutrisi yang cukup di masa kehamilan. 

 

“Saya mohon kader PKK di Kabupaten Tabanan, tolong untuk terus disosialisasikan, bahwa pemerintah kita, baik dari pusat sampai ke desa, terus menjalankan program untuk menekan bahkan meniadakan stunting di wilayah masng-masing. Rawat calon ibunya, rawat bayinya” Pesannya. Terkait pengelolaan sampah, pihaknya juga tak hentinya mengingatkan agar TP PKK terus mensosialisasikan masalah yang telah tercantum dalam Pergub nomor 47 tahun 2019 tersebut, agar dapat teratasi dengan segera. Sehingga harapannya kedepan, Desa di Tabanan bisa memiliki sistem pengelolaan sampah yag baik, sehingga menjadi contoh bagi Desa-Desa lainnya. “Desaku bersih tanpa mengotori desa lain” Ujarnya. 

 

Komitmen TP PKK Tabanan terhadap program unggulan TP PKK yang telah dicanangkan, juga ditekankan kembali oleh Ny. Rai Sanjaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten. “Sesuai dengan arahan dari Ibu TP PKK Provinsi, kami di Tabanan akan terus mensosialisasikan program-program PKK yang langsung menyentuh ke masyarakat. Kami akan selalu melakukan pendataan bagi masyarakat yang membutuhkan perhatian khusus, melanjutkan aksi sosial dan tentunya sosialisasi terkait Sampah berbasis sumber dan juga program Aku Hatinya PKK. Di mana program ini sudah terbukti nyata dalam membantu kebutuhan masyarakat, baik di dapur pribadi dan manfaat lainnya dalam menunjang ekonomi keluarga”. Tegas Ny. Rai Sanjaya.

 

Selain bantuan sembako, bantuan bibit tanaman juga diberikan secara simbolis oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi kepada Ketua TP PKK Tabanan, guna mendukung program Aku Hatinya PKK. Tentunya bantuan disambut baik oleh masyarakat. “Bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami yang membutuhkan, kami juga berterima kasih kepada pemerintah atas perhatiannya langsung untuk kami” Ungkap salah satu penerima bantuan pagi itu. 

 

Kegiatan berlanjut dengan kunjungan rombongan ke Obyek Wisata Spiritual Kayu Putih, di mana oleh Tokoh setempat dijelaskan tentang kulit pohon kayu putih yang bermanfaat sebagai obat. Lebih lanjut, kunjungan diteruskan dengan meninjau proses pembuatan olahan minyak kelapa tradisional, proses pembuatan dan menumbuk kopi serta pembuatan kue tradisional. Setelah itu kunjungan ditutup dengan mengunjungi pengelolaan sampah TPS3R di Desa.  
Sumber : Humas Pemkab Tabanan
Baca Juga :
Legislator PSI Emiliana Sri Wahjuni Ingatkan Pentingnya Pendidikan Pranikah untuk Cegah KDRT dan Perceraian

Leave a Comment

Your email address will not be published.