PKK Badung Mereresik dan Sembahyang Bersama di Pura Petitenget

Ketua TP PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta mengajak anggota dan organisasi kewanitaan untuk melakukan kegiatan bakti sosial bersih-bersih sekaligus sembahyang bersama di Pura Petitenget, Desa Adat Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Jumat (24/6).

Balinetizen.com, Mangupura-

Sebagai wujud bhakti dan kepedulian terhadap lingkungan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung dibawah pimpinan Ketua Nyonya Seniasih Giri Prasta secara rutin mengajak anggotanya bersama organisasi kewanitaan untuk melakukan kegiatan bakti sosial bersih-bersih (mereresik) sekaligus sembahyangan bersama di Pura-Pura yang ada di wilayah Kabupaten Badung. Seperti yang dilakukan, Jumat (24/6), Nyonya Seniasih Giri Prasta selaku Ketua TP PKK Badung bersama anggota TP PKK Badung menggelar gerakan bersih-bersih dan persembahyangan bersama di Pura Petitenget, Desa Adat Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara. Selain TP PKK Badung kegiatan tersebut melibatkan organisasi kewanitaan di badung dan Sekaa Teruna yang ada di Kecamatan Kuta Utara, dengan jumlah peserta sebanyak 233 orang.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 wita tersebut, diawali dengan gerakan bersih-bersih areal pura. Usai mereresik, dilanjutkan persembahyangan bersama yang dipuput Pemangku Pura Petitenget. Persembahyangan sebagai wujud bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, semoga Beliau senantiasa menganugerahkan sinar suci, keselamatan dan kesejahteraan bagi alam semesta. Berbekal sapu lidi, ibu-ibu PKK mereresik dengan menyapu areal pura. Bersih-bersih dibagi beberapa tempat. Ada yang di utama mandala pura, ada pula di madya dan nista mandala termasuk areal parkir pura. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kecamatan Kuta Utara, Kelurahan Kerobokan, Desa Adat Kerobokan, Ibu-ibu PKK, Karang Taruna dan Sekaa Teruna serta dibantu petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

Ditemui usai kegiatan, Nyonya Seniasih Giri Prasta menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung. Dijelaskan, gerakan bersih-bersih seperti ini memang secara rutin dilaksanakan dengan menyasar Pura Kahyangan di Badung. Sudah tentu kegiatan ini mendapat dukungan dari pemerintah kecamatan, Desa/Kelurahan termasuk Sekaa Teruna yang berada di lokasi kegiatan juga ikut terlibat. Tujuan dari kegiatan ini selain mendukung program pemerintah dalam upaya mewujudkan Kabupaten Badung yang bersih dan asri, juga mendorong meningkatkan rasa gotong royong di masyarakat. “Ini merupakan program yang berkelanjutan, dimana tujuan utama kami dari PKK Badung adalah bagaimana mewujudkan gotong royong di banjar-banjar. Untuk itu kami akan terus bergerak di enam kecamatan yang ada di Badung. Secara rutin akan kami laksanakan setiap Jumat bersama PKK Desa/Kelurahan dan PKK banjar untuk mereresik/bersih-bersih di Pura,” tambahnya.

Baca Juga :
Ketua DPRD Putu Parwata Podcast di Metrobali : Membedah Sisi Politik dan Ekonomi di Badung 

Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.