Dukung Kreativitas Seniman Tabanan : Ketua Dekranasda Tabanan Hadiri Wimbakara Design dan Peragaan Busana

 

Balinetizen.com, Tabanan

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap kreativitas seniman muda Tabanan, Ketua TP PKK Tabanan dan juga selaku Ketua Dekranasda Tabanan, Ny Rai Wahyuni Sanjaya., S.H bersama rombongan  menghadiri Wimbakara (Lomba) Desain dan Peragaan Busana PKB XLIV Tahun 2022, yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Provinsi Bali, Minggu (26/6).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali, serta Ketua Dekranasda se-Kabupaten/Kota di Bali, Ketua Darma Wanita, Kadis PMD dan Dinas Kebudayaan bidang kesenian.

Dengan menyabet juara 2 Desain dan Peragaan Busana Casual Berpasangan Tekstil Tradisional Bali dan Juara 3 Lomba Desain dan Peragaan Busana Pengantin Adat Bali Modifikasi Sesuai Pakem Berpasangan, Kontribusi Dekranasda Tabanan dalam mendukung semarak Pesta Kesenian Bali XLIV tahun 2022 ditunjukkan dalam beragam kegiatan seni, di kesempatan ini yakni Wimbakara (Lomba) Desain dan peragaan busana yang masuk dalam Sub Kegiatan Pelindungan, Pengembangan, Pemanfaatan Objek Pemajuan Tradisi Budaya. Tentunya dengan menghadirkan designer terbaik dan andalan Kabupaten Tabanan untuk turut berkompetisi dalam perhelatan seni tersebut.

6 peserta/model berpasangan perwakilan masing-masing 8 Kabupaten di Bali yang berkontribusi, memperagakan hasil design busana dari 2 seniman kenamaan Tabanan, Andri Purwanto, ST dan I Komang Gede Kartono Yasa, S.Pd., M.Pd. Dibagi ke dalam 3 kategori lomba yaitu; Wimbakara (Lomba) Desain dan Peragaan Busana Kerja adat Bali Berpasangan, Wimbakara (Lomba) Desain dan Peragaan Busana Casual Berpasangan, Wimbakara (Lomba) Desain dan Peragaan Busana Pengantin Modifikasi Berpasangan, peragaan busana disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh para audiens.

“ini suatu ajang kesenian bergengsi yang bertujuan untuk menampilkan karya-karya seni, melestarikan, dan berinovasi, kita lombakan berbagai kategori ini untuk merangsang anak-anak muda, para designer Bali untuk berkarya bagi krama Bali” Kata Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny Putri Koster. Pihaknya menegaskan, PKB menjadi tempatnya Kota/Kabupaten menampilkan karya seni terbaik sebagai wujud dan tanda bahwa kita mengambil tanggung jawab sebagai pelestari dan berinovasi mengembangkan seni sesuai dengan tuntutan jaman.

Baca Juga :
Kasus Positif Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 7 Orang

Selaku Ketua Dekranasda, tentunya Ny Rai Sanjaya sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya pelestarian tradisi, seni dan budaya dalam bentuk seni peragaan busana yang sangat sesuai dengan point-point dalam perwujudan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

“Kegiatan seperti ini patut kita berikan apresiasi, terlebih kepada para seniman-seniman muda di Tabanan, karena orientasinya pasti menuju ke satu tujuan dan satu maksud, yakni membangkitkan seni dan budaya di Tabanan” Ungkap Ny Rai Sanjaya saat menghadiri kegiatan lomba yang telah dimulai sejak pukul 10 pagi tersebut.

Pihaknya juga menyampaikan dukungannya terhadap beragam kegiatan yang tergabung di dalam naungan dekranasda, tak hanya yang ditampilkan dan yang dipamerkan namun juga yang diperjualkan seperti IKM/UMKM Tabanan yang bergabung di PKB Tahun 2022 ini. “Ayo mari kita ajegkan Bali, mendukung dan melestarikan kesenian dan budaya Bali dengan  meramaikan PKB dan membeli kerajinan di IKM/UMKM yang ada di sini, agar perekonomian di Bali bisa segera bangkit,”tandasnya. @Prokopimtabanan
Editor : Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.