Bupati Bangli Serahkan Punia Serangkaian Upacara Ngaben Masal di Desa Adat Kutuh Kintamani

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri serangkaian Upacara Ngaben masal, Ngeroras Lan Nyegara Gunung di Desa Adat Kutuh Kecamatan Kintamani, pada Minggu (17/7/22).

Balinetizen.com, Bangli-

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri serangkaian Upacara Ngaben masal, Ngeroras Lan Nyegara Gunung di Desa Adat Kutuh Kecamatan Kintamani, pada Minggu (17/7/22).

Bupati Sedana Arta dalam kesempatan tersebut hadir bersama Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Kabupaten Bangli Ketut Suastika, Anggota DPRD Bangli dari Fraksi PDI Perjuangan Wayan Srianing, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bangli Gede Eddy Hartawan, Ketua PHDI Bangli, Camat Kintamani, Ketua Forum Komunikasi Perbekel Kabupaten Bangli, Perbekel Desa Kutuh, Bendesa Adat Kutuh, Masyarakat setempat serta undangan lainnya.

Bupati Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada krama Desa Adat Kutuh Kintamani karena telah melaksanakan upacara Pitra Yadnya ini dengan sistem ngaben masal sehingga pelaksanaan upacara dapat dilaksanakan dengan bergotong royong dalam satu tempat, dari segi pembiayaan juga tergolong lebih ringan serta pengerjaan sarana upakara lebih cepat, karena sudah dikerjakan secara bersama-sama. Pihaknya berharap agar sistem gotong royong seperti ini agar dipertahankan khususnya oleh masyarakat Desa Adat Kutuh dan seluruh masyarakat Bangli pada umumnya”. “Ujar Sedana Arta”.

Bupati asal Desa Sulahan ini juga mengatakan saat ini Kabupaten Bangli telah merealisasikan beberapa program, seperti pembangunan alun-alun Bangli, pembangunan RSU, Gedung DPR, Gedung BMB, Pembangunan Drug Race, serta beberapa kegiatan lainnya yang tentunya bermanfaat bagi kepentingan seluruh masyarakat Bangli, serta akan selalu medukung kegiatan masyarakat dalam rangka mempertahankan adat dan budaya Bali serta kearifan lokal yang ada di Kabupaten Bangli, sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangli menyerahkan bantuan dana punia masing-masing senilai 1 juta rupiah kepada 63 krama pengarep. Punia ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli dalam kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar, bantuan dana punia tersebut diperuntukkan bagi masyarakat desa adat yang menyelenggarakan upacara ngaben masal. ‘Kami berharap agar dana tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya guna kelancaran rangkaian upacara”. “tutup Sedana Arta.

Baca Juga :
Catat, Pengusaha Galian Tak Berizin Bisa Dipenjara dan Didenda Rp.10 Miliar

Sementara itu Bendesa Adat Desa Adat Kutuh I Made Kartika Jaya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli, khususnya Bapak Bupati Bangli beserta jajaran yang sudah berkenan hadir di tengah- tengah masyarakat Desa Adat Kutuh dalam pelaksanaan upacara adat ngaben masal tersebut, yang mana upacara ngaben masal ini baru pertama kali dilaksanakan, dengan jumlah peserta sebanyak 63 orang.
” Kami mewakili Krama Desa Adat Kutuh mengucapkan terimakasih atas bantuan punia yang diberikan oleh Bapak Bupati Bangli, semoga bantuan dana tersebut dapat kami pergunakan dengan sebaik-baiknya dalam pelaksanaan upacara ngaben masal ini. “Tutup Kartika Jaya “.

 

Sumber : Humas Pemkab Bangli

Leave a Comment

Your email address will not be published.