Jaya Negara Ngayah Nopeng Dalem Arsa Wijaya di Upacara Ngenteg Linggih Pemerajan  AWBP

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara Ngayah Mesolah Topeng serangkaian Upacara Karya Memungkah, Ngenteg Linggih Lan Pedudusan Alit di Merajan Keluarga Besar Arya Wang Bang Pinatih (AWBP) Jalan Arjuna Banjar Tampakgangsul Desa Dangin Puri Kauh Kecamatan Denpasar Utara, Rabu (27/7) sore.
Balinetizen.com, Denpasar-
Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara Ngayah Mesolah Topeng serangkaian Upacara Karya Memungkah, Ngenteg Linggih Lan Pedudusan Alit di Merajan Keluarga Besar Arya Wang Bang Pinatih (AWBP) Jalan Arjuna Banjar Tampakgangsul Desa Dangin Puri Kauh Kecamatan Denpasar Utara, Rabu (27/7) sore. Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara Ngayah Nyolahang Topeng Dalem Arsa Wijaya.
Sebelum upacara, di awali dengan tarian Rejang Dewa, Topeng Keras, Topeng Tua, Topeng Penasar, Topeng Arsa Wijaya, Topeng Sidakarya dan Tari Rejang Renteng.
Wali Kota Jaya Negara mengatakan bahwa pelaksanaan Upacara Karya Memungkah, Ngenteg Linggih Lan Pedudusan Alit di Merajan Keluarga Besar Arya Wang Bang Pinatih Arjuna ini merupakan momentum bagi pesemetonan AWBP untuk selalu eling dan meningkatkan srada bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Sehingga sudah sepatutnya seluruh elemen pasemetonan menjadikan ini sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari ajaran Tri Hita Karana.
“Dengan pelaksanaan pujawali ini mari kita tingkatkan sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana, dan semoga pasca pandemi Covid-19 kita selalu diberikan kekuatan dan kesehatan,” ujar Jaya Negara.
Sementara Manggala Karya, I Wayan Subagiartha mengatakan, rangkaian karya Memungkah, Ngenteg Linggih Lan Pedudusan Alit di Merajan Keluarga Besar Arya Wang Bang Pinatih (AWBP) Jalan Arjuna Banjar Tampakgangsul sudah di mulai sejak Buda Kliwon Pahang 13 Juli 2022 lalu, dan hari ini pada Buda Wage Merakih 27 Juli 2022 adalah puncak karya.
“Saya mewakili keluarga besar AWBP Arjuna yang berjumlah 50 KK mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Walikota Denpasar, karena sudah berkenan ngaturang ayahan topeng Dalem Arsa Wijaya dan memberikan motivasi kepada pesemetonan AWBP, semoga ini bisa menjadi sumber kesolidan untuk pesemetonan AWBP,” ungkapnya.
Sumber : Humas Pemkot Denpasar
Baca Juga :
Badung Targetkan Mei Mulai PTM di Kecamatan Petang

Leave a Comment

Your email address will not be published.