Bupati Suwirta Monitoring  Aktivitas Penggaraman di Desa Kusamba

Balinetizen.com, Klungkung

Desa Kusamba merupakan salah satu tempat penghasil garam kualitas terbaik di dunia. Untuk menjaga kualitas tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan monitoring pembuatan Garam yang terletak di Desa Kusamba, Jumat (5/8).

Dalam monitoringnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa dalam upaya membantu melestarikan petani dan mengoptimalkan produksi garam, Pemerintah pusat melalui kementerian Sosial sudah memberikan bantuan berupa palungan (Alat tradisional yang terbuat dari batang pohon kelapa utuh yang dibelah dua, dengan memiliki fungsi untuk tempat memproses pengkristalan/penggaraman, Tunnel Garam berjumlah 8 buah, dan Gedung penyimpanan Garam dengan dilengkapi fasilitas panel tenaga surya.
Bupati Suwirta menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan oleh kementerian Sosial. “Terimakasih kepada ibu Menteri atas bantuannya, semoga dengan semangat yang diperlihatkan dalam melestarikan petani dan mengoptimalkan produksi garam dapat tersalurkan kepada para petani garam di Desa Kusamba dan Semoga dengan hal tersebut, dapat menciptakan regenerasi pada petani garam,” ujar Bupati Suwirta.
Bupati Suwirta.
Bupati Suwirta mengharapkan agar pengerjaan Prasarana pengamanan pantai Ruas Sidayu Kusamba yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Direktorat Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Bali – Penida dapat segera diselesaikan sehingga dapat mencegah abrasi dan hantaman ombak besar pada kawasan penggaraman.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, Ketut Suadnyana, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan I Dewa Ketut Suweta Negara dan undangan terkait lainnya. (Humasklk/Cok).
Baca Juga :
Menkumham Yasonna Laoly Kunjungi Prapen Wesi Aji

Leave a Comment

Your email address will not be published.