Atasi Masalah Sampah Kelurahan Peguyangan Peguyangan Aktifkan Bank Sampah

Balinetizen.com, Denpasar-
Kelurahan Peguyangan terus  gencar mengaktifkan kegiatan bank sampah di setiap banjar. Hal ini dilakukan dalam  upaya mengurangi jumlah sampah dan beban pembuangan sampah ke TPS maupun TPA.
Lurah Peguyangan Gede Arcana mengatakan, di Kelurahan Peguyangan ada 13 banjar dan yang aktif menggelola bank sampah baru 8 banjar. Jadwal penukaran bank sampah dilakukan setiap banjar berbeda beda. Untuk hari ini dilaksanakan di Bank Sampah  Dahlia Br. Benaya. Sampah terkumpul sebanyak 475,1 kg. “Sampah yang ditukarkan berupa tabungan dan menjelang hari Galungan baru ditukar masyarakat,” kata Arcana.
Lebih lanjut ia menjelaskan Bank Sampah Dahlia merupakan Bank Sampah yang di launching pertama dan pengelolanya adalah kader PKK, penanggungjawab Klian Banjar Benaya.
Selain itu pihaknya juga kerjasama dengan Bank Sampah Bali Wastu Lestari   dan Bank Sampah Abukasa sebagai motor penggerak Bank Sampah di Kelurahan sekaligus sebagai pengepul.
Mengingat bank sampah dikelola kader PKK maka setiap kegiatan banjar atau paruman  pihaknya mensosialisasikan bank sampah ini. ” Sosialisasi terus kami gencarkan agar masyarakat bisa mengelola sampah di sumbernya. Selain mengatasi  sampah mereka juga bisa  menambah penghasilan  perekonomian.  Sampah yang dikumpulkan bisa ditukar ke bank sampah dengan tabungan, hal ini tentunya sangat membantu secara ekonomi,” jelasnya.
Keberadaan bank sampah juga sangat efektif dalam mengatasi sampah di Kota Denpasar karena jika semua sampah bisa dikelola dari rumah sampah organik dipakai kompos, sampah plastik, kardus kertas bisa dibawa ke bank sampah.
Sumber : Humas Pemkot Denpasar
Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Serahkan Alat Musik ke Lapas Kerobokan

Leave a Comment

Your email address will not be published.