Kolaborasi  dengan BPTP Bali, Badung Kembangkan Benih Cabai Unggul Proliga

Kadis Pertanian dan Pangan bersama Kepala BPTP Bali melakukan panen cabai demplot produksi benih cabai unggul Proliga di subak Sidakarya Desa Petang Kec. Petang.

Balinetizen.com, Badung

Cabai merupakan salah satu komoditi yang ikut menyumbang angka inflasi saat ini dan ketersediaan benih cabai berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas, untuk itu Pemkab Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan berkolaborasi dengan BPTP Bali mengembangkan Benih Cabai unggul dengan teknologi Proliga (Produksi Lipat Ganda).

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana mengungkapkan hal itu usai mengadakan panen cabai untuk produksi benih cabai bertempat di Subak Sidakarya, Desa Petang, Kec.Petang, Rabu (31/8) dihadiri  Kepala BPTP Bali, Kepala Balai Karantina Denpasar, Perbekel Desa Petang dan penyuluh pertanian.

Menurut Wijana, pihaknya mendorong masyarakat agar menanam cabai untuk meningkatkan luas tanam dan produksi cabai. Upaya ini perlu dilakukan karena kebutuhan cabai setiap tahun semakin meningkat disamping untuk memenuhi kebutuhan penduduk juga untuk industri pariwisata yang mulai menggeliat. Untuk itu pihaknya sudah merancang berbagai kegiatan tahun 2022 ini untuk mengantisipasi gejolak harga yang terjadi di setiap akhir tahun. Berdasarkan hasil pendataan, saat ini terdapat sekitar 55 hektar tanaman cabai melalui swadaya, APBDES, APBD II  maupun APBN yang diharapkan bisa memenuhi ketersediaan cabai di pasaran.

Sementara itu Kepala BPTP Bali I Made Rai Yasa mengatakan, pihaknya mendapatkan mandat dari Kementerian Pertanian untuk ikut mengambil langkah-langkah mengurangi inflasi sesuai tupoksinya. Untuk itu pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan memproduksi benih cabai unggul varietas Prima Agrihorti dengan keunggulan Produksi Berlipat Ganda (Proliga) yang akan disebarluaskan kepada masyarakat.

Sumber : Humas Badung

Baca Juga :
Kasus Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Mulai Meningkat, Hari Ini Bertambah 151 Orang Sembuh, Kasus Positif Bertambah 140 Orang

Editor : Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.