Rehabilitasi Jalan Srikandi Sambangan Dalam Tahap Pengerjaan Dan Ditargetkan Tuntas Awal Desember 2022

 

Balinetizen.com, Buleleng

Infrastruktur jalan Srikandi Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng diketahui selama ini jalannya rusak parah dan rawan banjir. Jalan yang sempit ini, arus lalu lintasnya cukup padat di jam-jam tertentu, terutama di saat para mahasiswa, siswa SD, SMP, SMA, SMK serta para pegawai negeri/swasta, pedagang, petani, maupun para penghuni perumahan dan penduduk asli setempat lalu lalang dijalan tersebut. Selain itupula, jalan yang terbilang sempit dan padat ini merupakan jalur dari beberapa sekolah serta juga menjadi jalur penghubung alternatif dari Desa Baktiseraga ke Terminal Sangket, Sukasada menuju Denpasar.

Takpelak, kondisi jalan rusak ini sempat menjadi keluhan warga, namun pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng memprioritaskan dengan melakukan rehabilitasi ruas jalan Srikandi. Malahan telah memasuki tahap pengerjaan dan ditargetkan akan rampung pada awal bulan Desember ditahun 2022 ini.

Kadis PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra dikonfirmasi Jumat, (1/9/2022) menerangkan pengerjaan rehabilitasi ruas jalan Srikandi baru memasuki tahap mobilisasi, penebangan pohon dipinggir jalan, galian dan pemasangan batu drainase pada dinding bahu jalan penahan tanah.

“Sesuai program, saat ini pengerjaan baru tahap galian dan pemasangan batu untuk drainasenya. Ke depannya Jalan Srikandi akan dilakukan pelebaran jalan sekaligus hotmixnya dan penguatan struktur jalan dengan pembetonan dipinggir trotoar. Disamping itu, saluran airnya juga akan diperbaiki guna meminimalisir banjir saat musim penghujan,” urainya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa proyek rehabilitas jalan Srikandi dengan panjang 3.740 meter dengan lebar yang diperkirakan sampai 5,5 meter ini, memakan biaya sebanyak Rp 3,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat. Dan terhadap pengerjaan proyek jalan ini, pihaknya sudah berkomunikasi dengan seluruh stake holder terkait hingga perangkat desa setempat, agar perbaikan jalan bisa terlaksana tanpa ada kendala.

Baca Juga :
Ketua BKOW Provinsi Bali Ny. Tjok. Putri Hariyani Ardhana Sukawati Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27

“Kami menghimbau kepada masyarakat dan pemilik usaha disekitaran jalan Srikandi, agar mencari jalan alternatif saat melewati jalan tersebut untuk menghindari kemacetan, lantaran ada pengerjaan jalan,” tegas Adiptha Ekaputra.

Iapun menyebut selain Jalan Srikandi, jalur pada jembatan di Baktiseraga dan jembatan di Sangket akan direhabilitasi dalam 1 paket pengerjaan, karena sudah banyak jalan yang berlubang.

“Kami berharap kepada masyarakat, jika program rehabilitasi jalan ini sudah selesai, agar sama-sama memiliki rasa tanggungjawab untuk menjaga dan memelihara fasilitas jalan dengan sebaik-baiknya. Misalanya tidak membuang sampah sembarangan.” pungkas Kadis Adiptha Ekaputra. GS

Leave a Comment

Your email address will not be published.