Wabup Kasta Minta Mahasiswa Pelajari Konsep Tri Kaya Parisudha Dalam Berpolitik

Balinetizen.com, Klungkung

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menjadi narasumber kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbasis mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hindu Negeri I Gusti Ngurah Sugriwa Denpasar Program Pasca Sarjana Megister Ilmu Komunikasi Hindu di Babakan Kolam Pancing Kali Unda Kelurahan Semarapura Kangin, Minggu (4/9). Kegiatan ini mengusung tema “Komunikasi Politik yang Santun dalam Moderasi Beragama”.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Kasta berharap kepada para mahasiswa saat belajar tentang politik harus pelajari dan pahami dengan baik komunikasi politik itu dengan konsep Tri Kaya Parisudha. Ada tiga perbuatan yang disucikan dalam konsep Tri Kaya Parisudha diantaranya berpikir yang benar (manacika), berkata yang benar (wacika) dan berbuat yang benar (kayika). “Dalam berpolitik konsep Tri Kaya Parisudha harus dipahami dan dipelajari dengan baik,” ujar Wabup Kasta.

Wabup Kasta juga menambahkan dalam berpolitik etika dan kesantunan itu harus dijaga dengan baik. Upaya ini dilakukan agar nantinya tidak terjadi perbedaan. Selain itu, moderasi beragama dengan cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara ini juga sangat penting diperhatikan dalam berpolitik.

Turut hadir Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, Camat Klungkung I Putu Arnawa serta instansi terkait lainnya.(humasklk/puspa)

Baca Juga :
Jelang Hari Raya Galungan , Bupati Suwirta Pantau Pelaksanaan  Prokes di Pasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.