Wagub Bali Buka Forum INSARAG AP ERE, Upaya Tingkatkan Koordinasi Sinkronisasi dan Sinergi Penanganan Bencana

 

Balinetizen.com, Badung

Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati didampingi Kalaksa BPBD Provinsi Bali Made Rentin menghadiri pembukaan INSARAG Asia Pacific Regional Earthquake Responden Exercise (AP ERE) di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Badung, Senin (Soma Wage Prangbakat) 5 September 2022.

Mengawali sambutannya, Wagub Bali menyampaikan ucapan selamat datang kepada para delegasi baik nasional maupun internasional serta apresiasi atas dipilihnya Bali sebagai tempat penyelenggaraan dari kegiatan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dengan harapan melalui kegiatan ini kita dapat mempersiapkan dan mempelajari pola pikir, pola tindak serta persepsi yang konstruktif dalam memberikan pembantuan internasional tanggap darurat bencana.

Wagub Cok Ace berharap dengan pertemuan ini dapat saling isi, saling tukar pandangan dan pengalaman sehingga menghasilkan sesuatu yang berharga untuk pelaksanaan tugas kita masing masing dalam memberikan bantuan tanggap darurat bencana baik skala lokal, nasional dan internasional.

International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) adalah sebuah jaringan global dengan anggota lebih dari 80 negara dan organisasi di bawah payung PBB yang bertugas menangani kegiatan kegiatan di bidang pencarian dan pertolongan pada bencana perkotaan. Organisasi ini bertujuan menyediakan pedoman, standar dan metodologi terhadap penanganan bencana dalam skala masif terutama di daerah perkotaan yang padat penduduknya dan dapat menimbulkan korban dalam jumlah besar.

INSARAG AP ERE yang turut dihadiri oleh Kepala BASARNAS Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi berlangsung dari tanggal 5-9 September 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tim Urban SAR Indonesia serta meningkatkan koordinasi sinkronisasi dan sinergi dalam pelaksanaan penanganan bencana baik antar kementerian/lembaga serta para pemangku kepentingan dan organisasi. (RED-BN)

Baca Juga :
Puluhan kanal Telegram diblokir di Jerman

Leave a Comment

Your email address will not be published.